Menyelamatkan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan hidup sudah sangat parah dan kini saatnya kita menyelamatkan lingkungan hidup. Kita tidak boleh menunggu lebih lama lagi karena satu hari saja berlalu, lingkungan kita akan semakin rusak. Kerusakan yang parah mungkin tidak dapat diselamatkan, oleh karena itu kita harus bertindak cepat untuk menyelamatkan lingkungan sebelum terlambat. Mungkin ada sebagian dari kita yang belum merasakan dampak kerusakan sehingga merasa tidak peduli. Tetapi jangan hanya melihat dari satu sisi saja, sudah banyak cerita buruk tentang kerusakan lingkungan dan kita harus menghentikannya untuk masa depan bumi ini. Kita tidak boleh mempertaruhkan masa depan bumi karena di bumi inilah kita hidup.

Menyelamatkan lingkungan hidup terdengar sangat sulit dan rumit. Memang, jika kita melihat kerusakan laut yang luas, hancurnya hutan, sungai yang hitam legam dengan sampah yang bertebaran disana-sini, penyelamatan lingkungan akan terasa sangat berat. Tidak ada satu orangpun yang sanggup menyelamatkan laut dan hutan yang luas, sungai yang lebar dan panjang, dan jalanan kota yang tidak terputus. Namun, jika yang melakukan hal tersebut bukan hanya satu orang tetapi seluruh umat manusia di muka bumi, hal tersebut tidak mustahil. Kita sudah sangat terbiasa dengan peribahasa “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Itulah yang harus kita lakukan saat menyelamatkan lingkungan, sedikit demi sedikit lama-lama lingkungan hidup akan kembali sehat.

Sebelum kita mengajak seluruh umat manusia dimuka bumi untuk menyelamatkan lingkungan hidup, kita harus memulainya dari diri sendiri. Tentu akan sangat hebat jika kita melakukan penghijauan hutan, pembersihan pantai, atau penyelamatan orang hutan bersama-sama, tetapi lihatlah dahulu lingkungan disekitar kita. Apakah disekitar rumah kita, disekitar kantor kita, disekitar sekolah kita, dan disekitar tempat kita bermain sudah bersih? Akan menjadi sebuah ironi jika kita melakukan gerakan lingkungan hidup yang besar namun lingkungan rumah kita kotor. Kita harus memulainya dari diri sendiri barulah kita lanjutkan ke hal-hal yang lebih besar lagi. Itu akan memberi dampak yang lebih hebat dan juga menyelamatkan hidup kita sendiri.

Hal-hal sederhana yang sangat mudah dan ringan juga dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan hidup. Seperti yang telah dibicarakan tadi, bahwa kita harus memulai penyelamatan lingkungan dari diri kita sendiri. Menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya adalah contoh yang sangat sederhana. Kita juga harus berusaha untuk mengurangi sampah dengan menggunakan kembali barang-barang kita dan melakukan daur ulang pada barang-barang yang sudah tidak digunakan kembali. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, kita dapat memberikan atau menjual barang-barang tersebut kepada orang yang membutuhkannya. Apakah anda tahu tentang keberadaan “bank sampah”? Bank sampah adalah program pemerintah untuk mengurangi jumlah pembuangan sampah ke lingkungan dengan cara mengumpulkan sampah dari masyarakat dan menjualnya kembali. Masyarakat yang mengumpulkan sampah di bank sampah akan mendapatkan uang hasil penjualan sampahnya.

Saat anda sudah terbiasa dengan gaya hidup bersih dan cinta lingkungan, akan sangat mudah bagi anda untuk menerapkan kebiasaan itu dalam kehidupan sehari-hari. Jika anda memiliki lebih banyak waktu dan tenaga, anda dapat mengikuti aksi penyelamatan lingkungan yang lebih besar. Jika anda memiliki uang yang lebih, anda juga dapat menyumbangkan uang anda untuk menyelamatkan lingkungan hidup karena aksi-aksi penyelamatan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan demi kelangsungan lingkungan hidup kita. Carilah cara yang paling mudah untuk anda lakukan dan berusahalah untuk melakukan aksi yang lebih besar lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s