Lingkungan Hidup bersih

Sebagai manusia yang hidup di muka bumi, kita harus menjaga lingkungan hidup bersih baik disekitar tepat tinggal kita maupun di semua tempat yang kita lewati, singgahi, dan seluruh bumi. Hal tersebut adalah sebuah kewajiban karena lingkungan bersih sumber dari keindahan, kenyamanan, dan kesehatan. Kita adalah manusia, bukannya hewan. Kita adalah makhluk yang diciptakan dengan pikiran yang bukan hanya melakukan sesuatu berdasarkan insting semata. Saat melakukan sesuatu kita harus berpikir panjang tentang akibat perbuatan yang kita lakukan, begitu pula saat kita melakukan perbuatan buruk pada lingkungan hidup kita. Kita harus berpikir panjang tentang akibat yang akan kita rasakan jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan dan merusak alam.

Dengan menjaga lingkungan hidup bersih, kita akan dapat melihat dan merasakan sekeliling kita menjadi indah dan sehat. Kebersihan membuat lingkungan kita sehat dan bebas dari zat-zat beracun dan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Kebersihan juga akan menekan pertumbuhan kuman, bakteri, dan virus yang menyebabkan penyakit. Contoh paling mudah adalah udara. Pada lingkungan bersih, udara menjadi lebih sehat dan segar sehingga kita bisa bernafas dengan lega. Anda bisa membandingkan lingkungan di pedesaan dengan lingkungan di kota besar. Kita akan merasa lebih nyaman saat berada di lingkungan pedesaan yang udara bersih akibat sedikitnya kendaraan bermotor dan masih banyaknya tumbuhan hijau disekeling kita.

Lingkungan hidup bersih juga memberi dampak baik bagi tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan. Tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan akan hidup dengan lebih baik karena tempat mereka hidup dan sumber makanan mereka tidak tercemar bahan-bahan yang berbahaya. Pada akhirnya, manusia juga yang akan merasakan dampak baik dari hidup bersih. Pertanian dan peternakan akan berjalan dengan baik dan memberikan kita bahan pangan yang baik. Apakah anda salah satu penggemar makanan organik? Makanan organik bertujuan mengurangi bahaya dari bahan kimia yang digunakan dalam pertanian dan juga peternakan. Namun, jika udara yang diserap dan dihisap oleh tanaman dan hewan tersebut tercemar, makanan organik tersebut tetap tercemar.

Kampanye lingkungan hidup bersih sudah digaungkan sejak lama, namun masih banyak orang yang tidak mau mengikuti hidup bersih. Masih banyak yang membuang sampah sembarangan, mengotori tanah, mengotori air, dan mengotori udara. Selain itu ada juga yang merasa telah menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan tetapi tidak mau membersihkan lingkungan. Alasannya adalah bukan dia yang telah mengotori lingkungan. Untuk lingkungan hidup, kita tidak boleh egois. Walaupun bukan kita yang menyebabkan kekotoran lingkungan, jika kita melihat ada yang kotor, kita sebaiknya membersihkannya sebisa mungkin. Kita juga yang akan merasakan akibat baik dari pengorbanan kita itu.

Hidup bersih harus dilakukan secara berkesinambungan karena hidup kita terus berlanjut. Hidup bersih harus menjadi gaya hidup yang kita lakukan terus menerus sampai akhir hidup kita. Untuk menjadikan hidup bersih sebagai gaya hidup, menjaga dan mencintai lingkungan hidup bersih harus ditanamkan sejak dini. Kita harus mengajak dan mengajarkan cinta lingkungan hidup kepada semua orang yang kita kenal terutama anak-anak kita dan menjadikannya kebiasaan. Saat kita terbiasa untuk menjaga lingkungan hidup, hal tersebut tidak akan menjadi beban. Contohnya adalah kebiasaan membuang sampah ditempatnya. Kita akan selalu mencari tempat sampah ketika kita akan membuang sampah tanpa harus disuruh dan tanpa perlu ada papan peringatan. Jadikanlah hidup bersih sebagai kebiasaan dan semua akan menjadi lebih mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s