Jagalah Lingkungan Anda

Kebersihan lingkungan menjadi perhatian dari banyak orang baru-baru ini. Bagaimana tidak, berbagai media mulai gencar mengkampanyekan tentang penjagaan lingkungan agar tidak terjadi efek global warming yang mengerikan. Tentu saja global warming bukanlah kata yang asing bagi anda. Global warming atau pemanasan bumi secara global menyebabkan terjadinya iklim yang ekstrem di berbagai daerah, dan diperkirakan berdampak seperti jaman es. Sehingga dengan adanya global warming, diramalkan bahwa spesies manusia akan punah. Membayangkan hal ini saja sudah membuat ngeri dan tidak dapat dibayangkan bagaimana keadaan pada masa itu. Efek global warming juga mulai terasa di berbagai daerah di Indonesia. Apakah anda mengingat pelajaran pada masa Sekolah Dasar, dimana disana diajarkan bahwa musim kemarau terjadi pada bulan-bulan tertentu, dan selanjutnya di susul oleh musim hujan. Namun, hal itu sudah tidak berlaku lagi. Kini musim hujan maupun kemarau tidak dapat kita ramalkan dengan pasti.

Kita tidak dapat mengetahui secara pasti kapan akan turun hujan dan kapan kemarau akan berakhir. Dewasa ini, kita tidak dapat kembali merasakan pola musim yang pasti seperti beberapa tahun lalu. Hal inilah yang kita sebut sebagai salah satu efek global warming atau efek pemanasan global. Namun, anda tidak perlu kuatir, kita masih dapat mencegah dan menanggulangi efek yang mungkin terjadi. Kita dapat membuat bumi kita tercinta ini menjadi lebih nyaman. Oleh karena itu, jagalah lingkungan anda. Kita tidak perlu berteriak-teriak untuk menjaga lingkungan kita. Kita tidak perlu memerintah orang-orang untuk menjaga lingkungan. Kita dapat memulai dari diri kita sendiri kita dapat memulai dan memberi contoh pada orang lain bagaimana cara menjaga lingkungan yang baik dan benar. Hal yang kecil dapat dimulai dari diri kita sendiri. Untuk apa kita memerintah orang lain apabila diri kita sendiri tidak dapat melestarikan dan menjaga lingkungan kita dengan baik. Apabila kita dapat menjaga lingkungan dengan baik, maka kita juga yang akan merasakan manfaat yang ada. Kita akan merasa lebih nyaman apabila kita tinggal di lingkungan yang bersih dan asri. Apabila kita sudah menanamkan pada diri kita dan berkata pada diri kita sendiri “jagalah lingkungan anda” maka kita akan dengan sendirinya menjaga lingkungan yang di sekitar kita. Sehingga kita akan menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Pada akhirnya orang lain akan membantu kita menjaga lingkungan tanpa perlu menghabiskan energi anda hanya untuk memerintah orang lain. Lebih baik energi yang ada dipergunakan untuk menjaga lingkungan anda dari ancaman apapun yang dapat membahayakan lingkungan anda. Bahaya dan ancaman bisa datang dari mana saja. Yang perlu anda lakukan adalah waspada dan tetap menjaga lingkungan anda.

Jadi, tidak perlu menunggu apa-apa lagi. Jagalah lingkungan anda mulai dari sekarang. Yang perlu anda ingat adalah hal kecil. ya, mulailah dari hal yang kecil sebelum anda beralih ke hal yang lebih besar. Selain itu, anda perlu juga untuk memulai segala sesuatu dari diri anda sendiri. Mulailah dari diri sendiri, mulailah dari niat yang ada pada diri anda sendiri. Apabila anda dapat memulai semuanya dari diri anda sendiri, maka anda akan menjadi terbiasa untuk selalu menjaga lingkungan di sekitar anda. jadi, tunggu apa lagi? Jagalah lingkungan anda dan mulai pikirkan untuk mencegah efek yang mengerikan dari global warming yang mengancam lingkungan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s