Perlunya Izin Lingkungan dalam Usaha

Perlunya Izin Lingkungan dalam Usaha

Photo from Daniel Foster under Creative Commons

Manusia hidup dengan dianugerahi akal pikiran yang membuat mereka bisa mencari solusi atas masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Akal pikiran ini juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan peradaban manusia berkembang dari yang paling sederhana dan primitif hingga peradaban modern yang penuh dengan produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari.pengembangan teknologi sendiri muncul sebagai jawaban atas pertanyaan manusia mengenai cara untuk hidup dengan lebih baik di berbagai aspek. Namun demikian, akal pikiran yang dimiliki oleh manusia tidak jarang membuat manusia sombong dan lupa terhadap tanggung jawab terhadap orang lain dan lingkungan. Banyak orang yang hanya mementingkan keuntungan dirinya sendiri tanpa memperhatikan kepentingan orang lain apalagi memberikan kontribusi bagi kemajuan orang lain.

Tidak jarang ada manusia yang demi memuluskan kepentingan dan keinginan yang kemudian rela mengorbankan orang lain untuk tujuan tersebut yang terkadang tidak lebih dari sekedar tujuan materi. Uang di kehidupan modern ini merupakan salah satu faktor yang dianggap sangat penting dan terkadang lebih penting daripada kemanusiaan dan tentu saja hal ini membawa dampak yang tidak baik bagi masyarakat. Sebelumnya norma sosial menjadi kontrol yang sangat kuat untuk masyarakat dalam menjalankan sesuatu, tetapi kini uang telah banyak menghapus nilai dan norma sosial yang ada dalam masyarakat.

Usaha bertahan hidup merupakan salah satu hal yang sangat wajar yang pasti akan dilakukan oleh setiap manusia dan mereka melakukannya dengan berbagai cara baik dengan mencoba menemukan pekerjaan dengan posisi yang baik atau mungkin membangun usaha yang kini muncul dalam tingkat yang paling kecil pada level keluarga hingga korporasi raksasa yang melibatkan banyak orang sebagai karyawan. Namun, untuk mendirikan usaha, seseorang tidak bisa hanya mendirikan tanpa mengindahkan beberapa aspek penting dalam membangun usaha termasuk dampak yang mungkin dirasakan oleh masyarakat di sekitar area pembangunan usaha tersebut. Oleh karena itu, izin lingkungan merupakan salah satu prasyarat penting yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap pembangunan usaha.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita perlu lebih banyak berkaca pada kejadian masa lampau yang membawa kerugian bagi masyarakat yang terkadang tidak tersorot oleh pelaku usaha yang lebih mementingkan jumlah profit yang mereka dapatkan. Pembuangan limbah misalnya merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar baik dalam waktu singkat atau dalam jangka waktu yang cukup lama. Sempat terjadi kebingungan dan kekhawatiran masyarakat mengenai sungai yang di kemudian hari diketahui tercemar oleh limbah beracun yang berasal dari perusahaan X misalnya dan terjadi demo yang berujung kisruh yang tentu akan membawa dampak buruk bagi usaha itu sendiri. Hal ini tentu tidak perlu terjadi jika izin AMDAL misalnya yang berkaitan dengan dampak usaha tersebut terhadap lingkungan sekitar sudah diurus dengan benar.

Pelaku usaha perlu menganalisis dampak yang mungkin akan disebabkan oleh tersebut kepada lingkungan dan juga masyarakat sekitar dan masyarakat sekitar terutama Dinas Lingkungan Hidup setempat perlu diberi tahu agar izin pembangunan usaha dapat lengkap terpenuhi terutama yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup mentasbihkan wajibnya mengurus izin lingkungan sebagai prasyarat untuk mendapatkan izin membangun usaha atau melakukan kegiatan. Hal ini dilakukan melalui proses mendapatkan penerimaan warga masyarakat yang dimuat dalam atau yang wajib AMDAL atau UKL-UPL dan hal ini ditujukan untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup.

Advertisements

One thought on “Perlunya Izin Lingkungan dalam Usaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s