Hal Penting yang Perlu Kita Ketahui dalam Pengelolaan Lingkungan Sekitar Kita

Seperti yang kita semua tahu, ada hubungan erat antara manusia dengan tempat dimana mereka hidup. Bahkan, budaya dan bahasa, serta ciri fisik manusia sangat bergantung pada tempat tinggal mereka. Contohnya, orang Afrika yang berkulit gelap, sangat cocok untuk tinggal di Afrika dimana kondisi geografisnya sebagian besar adalah gurun pasir dan panas. Kulit gelap orang Afrika mampu melindungi tubuh mereka dari ancaman kanker kulit. Bahkan ada penelitian yang menemukan bahwa dengan kulit gelap, mereka sudah seperti mengenakan tabir surya dengan SPF 70. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita semua untuk menjaga lingkungan kita. Dan, agar lingkungan hidup disekitar kita juga memberikan keuntungan lebih, kita juga perlu mengelolanya. Dengan mengelola lingkungan hidup kita, kita akan mendapatkan tidak hanya manfaat  dari lingkungan kita. Akan tetapi, kita juga akan mengerti betapa beharganya lingkungan dimana kita hidup. Dengan begitu, kita akan menjadi lebih sadar untuk melestarikan dan menjaganya.

Akan tetapi, bila kita ingin mengelola dan memanfaatkan lingkungan kita, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Pertama, lingkungan hidup adalah suatu kesatuan dimana semua aspek didalamnya saling mempengaruhi. Dan manusia adalah salah satu bagian dari kesatuan tersebut. Oleh karena itu, bila kita ingin memanfaatkan sumber daya alam, kita juga harus ingat bahwa apa yang akan kita lakukan akan mempengaruhi semua aspek di dalam lingkungan hidup, baik itu alam itu sendiri atau makhluk lain yang hidup didalamnya. Dan, kita seharusnya menjadi lebih bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam di lingkungan hidup kita. Kita bisa melakukan hal tersebut dengan memilih proses yang tidak atau paling sedikit merusak lingkungan. Kita juga harus mengadakan upaya untuk memulihkan lingkungan hidup kita. Dan yang paling penting adalah kita harus ingat bahwa sumber daya alam yang tersedia adalah sangat terbatas. Jadi, kita juga harus membatasi penggunaan sumber daya alam. Karena kita juga menggunakan sumber daya alam, maka kita juga perlu harus menjaganya. Kita bisa melakukan pengawasan dalam penggunaan sumber daya alam yang dilakukan oleh manusia lainnya. Dengan melakukan pengawasan secara berkesinambungan, maka, kita juga akan mampu menjaga lingkungan kita. Dan hal itu akan membawa banyak keuntungan untuk kita saat ini maupun masa depan. Dalam pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam, perlu juga diadakan pelestarian. Contohnya, bila kita memanfaatkan kayu dari hutan kita, maka kita juga perlu melakukan reboisasi atau penanaman kembali. Dan, hal ini akan mampu membantu lingkungan disekitar kita untuk tetap lestari dan pulih dari kerusakan yang kita akibatkan saat memanfaatkan sumber daya alam di sekitar kita. Kita juga perlu menggunakan sumber daya alam sesuai dengan daya regenerasinya. Sehingga, sumber daya alam tersebut tidak akan langsung habis, melainkan dapat memberi kita manfaat selama mungkin. Jadi, bisa dikatakan bahwa kita juga perlu menggunakan sumber daya alternatif.

Jadi, hal-hal yang disebutkan diatas itulah yang perlu kita ketahui dan lakukan, bila kita ingin memanfaatkan dan mengelola lingkungan disekitar kita. Dengan melakukan hal-hal yang disebutkan diatas, maka, kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Tidak hanya keuntungan yang kita dapatkan dari sumber daya alam yang kita ambil dari lingkungan kita, akan tetapi, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan kita, maka kita juga akan dapat terhindar dari banyak macam masalah dan bencana yang datang akibat ketidakseimbangan lingkungan hidup kita.

Advertisements

One thought on “Hal Penting yang Perlu Kita Ketahui dalam Pengelolaan Lingkungan Sekitar Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s