Dampak dari Masalah Keseimbangan Lingkungan Hidup dan Cara Mengatasinya

Lingkungan hidup adalah suatu ruang dimana manusia berinteraksi dengan benda-benda disekitarnya, baik itu benda hidup, seperti hewan dan tumbuhan, dan juga benda mati. Dan kita bisa mengatakan bahwa lingkungan hidup adalah lingkungan hidup yang baik, bila semua faktor di dalamnya berada dalam kondisi yang seimbang, yang artinya, semua faktor tersebut, yaitu manusia dan makhluk lainnya, dapat hidup dan berinteraksi secara baik. Akan tetapi, bila kita lihat kondisi lingkungan hidup di sekitar kita saat ini, bisa kita katakan bahwa lingkungan kita mulai beranjak menuju ketidakseimbangan. Dan, dari semua faktor yang mempengaruhi hal ini, manusia mendapatkan porsi besar didalam faktor yang menyebakan ketidakseimbangan di lingkungan sekitar kita. Penebangan hutan besar-besaran, ketidak pedulian kita terhadap kebersihan alam disekitar kita dan lain-lain adalah beberapa hal yang manusia, dalam hal ini kita semua lakukan tanpa kesadaran bahwa hal tersebut mempengaruhi keseimbangan lingkungan hidup kita.

Ketidakseimbangan lingkungan hidup kita menyebabkan banyak akibat buruk bagi diri kita semua. Seperti yang disebutkan diatas, manusia merupakan salah satu bagian penting di dalam keseimbangan lingkungan hidup kita. Dan, bila ada salah satu bagian yang tidak berada dalam kondisi yang tidak normal, maka akan ada masalah yang terjadi. Contoh yang paling mudah kita temukan adalah masalah cuaca dan iklim. Karena manusia menggunakan zat yang berbahaya bagi kondisi ozon kita dan juga penebangan hutan secara liar, dimana pohon merupakan penghasil oksigen, maka timbul efek rumah kaca yang menaikkan suhu di bumi, yang biasa kita kenal sebagai global warming. Akan tetapi, peran manusia dalam merusak keseimbangan alam tidak hanya menghasilkan efek rumah kaca seperti yang disebutkan diatas. Akan tetapi, lingkungan kita juga mempunyai suatu kemampuan yang disebut daya dukung lingkungan dan daya lenting lingkungan. Daya dukung lingkungan memungkingkan lingkungan untuk mendukung dan memberikan semua hal yang manusia dan makhluk hidup lainnya butuhkan, seperti udara, sumber daya alam dan sebagainya. Dan daya lenting lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk pulih dari ketidakseimbangan lingkungan. Pada dasarnya ada cara natural dimana lingkungan kita bisa pulih dengan sendirinya dari semua masalah yang ada, bahkan masalah serius seperti global warming. Akan tetapi, kita manusia membuat banyak perubahan terhadap lingkungan kita, mulai dari pembangunan pabrik yang menyebabkan terjadinya polusi dan banyak lagi lainnya. Dan hal ini menyebabkan daya lenting dan daya dukung lingkungan hidup kita menjadi lebih lemah. Oleh karena itu, masalah-masalah yang timbul di lingkungan hidup kita tidak akan bisa terselesaikan secara alamiah, seperti yang seharusnya. Untuk itu, perlu campur tangan manusia untuk mengembalikan keseimbangan lingkungan hidup kita.

Kita bisa memulai dari membersihkan lingkungan di sekitar rumah kita, menghemat energi, membuang sampah pada tempatnya dan menanam tanaman atau pohon di lingkungan kita. Mungkin hal ini terlihat sepele. Akan tetapi, bila seluruh rakyat Indonesia atau semua manusia di dunia ini melakukan hal sepele tersebut, maka keseimbangan lingkungan hidup yang baik bukan lagi hanya sekedar impian. Lingkungan hidup kita akan pulih seperti sedia kala dan bumi kita akan menjadi tempat ternyaman dimana manusia bisa hidup seperti seharusnya. Jadi, sangatlah penting untuk memulai semua usaha untuk mengembalikan kemampuan lingkungan hidup disekitar kita untuk pulih dan kembali pada keseimbangan lingkungan yang terbaik. Dan, yang akan mendapatkan keuntungan dari semua itu adalah kita sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s