Profil Departemen Lingkungan Hidup Indonesia

Kita hidup sangat dekat dengan lingkungan sekitar. Bumi perlu dirawat sedemikian rupa sehingga tidak cepat rusak. Saat ini kita sering mendengar berita tentang penebangan hutan secara semena-mena yang mengakibatkan lingkungan sekitar rusak parah. Ketika lingkungan sudah tidak terjaga maka akan sering terjadi bencana-bencana besar seperti banjir bandang dan tanah longsor. Oleh karena itu perlu adanya lembaga yang berperan aktif dalam menjaga kelestarian dengan berbagai program resmi pemerintah. Departemen Lingkungan Hidup adalah salah satu Departemen yang mempunya fungsi dekat dengan pelestarian Lingkungan khususnya di tanah air tercinta ini. Departemen ini kini beralih nama menjadi Kementerian Lingkungan Hidup. Kementerian Lingkungan Hidup mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Departemen Lingkungan Hidup membantu Presiden untuk merumuskan berbagai kebijakan
  • Departemen ini juga mempunyai fungsi koordinasi tentang pengendalian dampak lingkungan.
  • Departemen ini melakukan pengawasan atas pelaksanaa tugas bawahan-bawahan serta menyampaikan laporan hasil evaluasi serta saran dari berbagai bidang tugas di Kementerian Lingkungan Hidup.

Kementerian ini mengadakan berbagai program untuk Lingkungan Hidup. Kementerian ini dibagi menjadi beberapa bidang yaitu bidang pengendalian, tata kelola, konservasi, dan hukum kemitraan.  Beberapa program yang sedang dijalankan oleh departemen lingkungn hidup seperti misalnya tentang Cisadane, kegiatan industri yang berdampak lingkungan, dan berbagai program di beberapa tempat di Indonesia. Semua program hendaknya mempunyai tujuan yang jelas. Banyak orang yang menganggap jika lingkungan ini semakin parah karena tidak adanya aturan yang jelas tentang pembangungan industri yang kian meraja lela dan membabat habis lingkungan hutan atau persawahan. Ini sangat berbahaya jika dibiarkan. Sebaiknya pemerintah tidak melakukan pembiaran pembangungan berbagai pabrik dibeberapa tempat. Kementeria Lingkungan Hidup diharapkan berperan aktif dalam menyeleksi semua perusahaan dan sistem pembuangan limbahnya sehingga tidak akan memberikan dampak yang negatif pada lingkungan sekitar.

Limbah yang tidak terolah dengan baik tentu tidak hanya memberikan polusi udara, air, serta lingkungan lainnya. Sebaiknya setiap orang menyadari arti dari lingkungan dimana dia tinggal. Asap dari cerobong asap pabrik akan mencemari udara sekitar. Air sisa limbah pabrik juga sangat mencemari lingkungan sekitar terlebih aliran sungai. Aliran sungai menjadi keruh dan beberapa biota yang tinggal disungai juga akan terkena dampaknya. Kita tidak lagi menemukan kehidupan sungai yang seperti dahulu. Dari segi polusi bunyi dari pabrik juga sangat dirasakan.Orang tidak lagi bisa mendengar dengan baik karena adanya polusi bunyi atau suara yang dikeluarkan oleh pabrik tersebut. Banyak sekali sisi buruk dari perkembangan yang tidak terkontrol dari sebuah kawasan industri. Disini, peran dari Departemen Lingkungan Hidup sangatlah diperlukan. Industri memang tidak selamanya memberikan dampak negatif. Beberapa orang dan lingkungan malahan merasa beruntung dengan adanya industri karena terbukanya lapangan pekerjaan. Semua orang bisa mendapatkan mata pencaharian yang baru serta dapat mendapatkan tambahan uang. Dengan begitu ada peningkatan taraf hidup yang lebih baik.

Departemen Lingkungan Hidup terus berupaya untuk memberikan lingkungan yang sesuai untuk semua kalangan masyarakat. Departemen ini tentu tidak bisa bekerja sendiri. Departemen ini sangat membutuhkan peran serta aktif dari semua kalangan termasuk diri anda sendiri. Semua orang harus bisa menjaga lingkungannya dengan benar serta memanfaatkan semua hal secara bijaksana. Dengan begitu bukan hanya pemerintah tetapi semua masyarakat ikut serta menjaga lingkungan yang berarti ikut menjaga bumi kita tercinta juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s