Pengolahan Limbah Tepat untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan

Proses produksi identik dengan limbah dan setiap pabrik pasti menghasilkan limbah dalam jumlah besar. Jika tidak dikelola dengan baik, limbah bisa mendatangkan ancaman bagi kebersihan lingkungan. Limbah adalah sisa dari proses produksi yang bisa berasal dari rumah atau industri. Limbah bisa berwujud padat, cair, dan gas. Limbah mengandung racun dan berbahaya bagi lingkungan.

Limbah bisa berwujud padat, cair, atau gas. Kita bisa menyebut limbah padat sebagai sampah. Kehadiran sampah ini biasanya tidak mendatangkan manfaat apapun karena dipandang tidak mempunyai nilai ekonomis atau harga. Namun, sampah bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan mendatangkan keuntungan. Sampah bisa dibagi menjadi dua kategori, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Limbah dalam bentuk cair juga bisa ditemukan dengan mudah. Limbah ini meliputi air kakus dan air sisa proses produksi. Limbah dalam bentuk gas adalah asap pabrik atau asap kendaraan bermotor yang mencemari udara. Setiap limbah harus dikelola dengan baik untuk menekan dampak buruknya bagi lingkunga hidup.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah limbah. Namun, setiap jenis limbah membutuhkan cara yang berbeda. Limbah bisa dibedakan berdasarkan volume dan kandungannya. Layanan sanitasi adalah cara tepat untuk mengolah limbah dan menjaga kebersihan lingkungan. Setiap rumah harus memiliki sistem sanitasi yang baik untuk mengolah limbah. MCK harus disediakan dan mempunyai akses untuk air bersih. Penggunaan layananan persampahan juga diperlukan untuk mengolah limbah yang berasal dari rumah dan menampungnya di tempat lain yang telah disediakan. Sebelum diangkut, sampah harus dikumpulkan di tempat yang disediakan di setiap rumah. Petugas mengumpulkan sampah di kompleks tertentu dengan gerobak atau truk pengangkut sampah. Setelah itu, sampah bisa dibuang di tempat pembuangan akhir dan diolah. Drainase juga bisa menjadi langkah tempat untuk mengolah limbah, terutama limbah cair. Dengan pengolahan yang tepat untuk setiap jenis limbah, kebersihan lingkungan bisa terjamin.

Ada banyak cara untuk mengurangi jumlah limbah yang terus bertambah setiap hari. Limbah padat berasal dari kemasan produk, sampah elektronik, atau sampah dapur. Penggunaan kemasan yang mudah diuraikan adalah cara tepat untuk mengurangi limbah. Kita bisa menemukan kantong plastik baru yang dibuat dengan bahan yang mudah terurai ketika berbelanja di supermarket. Sampah elektronik bisa ditekan jumlahnya dengan penggunaan bahan yang lebih ramah lingkungan. Perusahaan elektronik bisa membuat produk baru dengan desain yang lebih ramping dan minimalis untuk menekan jumlah sampah elektronik. Produk elektronik sekarang tampil dengan desain yang lebih kecil seperti smartphone, ultrabook, atau perangkat penyimpanan data. Bahan yang digunakan untuk perangkat elektronik harus mudah didaur ulang.

Limbah cair bisa diatasi dengan berbagai cara. Pabrik tidak seharusnya membuang limbahnya di sungai atau daerah padat penduduk. Limbah tersebut harus dibuang di tempat yang telah disediakan sehingga tidak membahayakan lingkungan. Limbah gas bisa diatasi dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Gunakanlah kendaraan umum untuk bepergian. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi pemborosan bahan bakar dan kemacetan lalu lintas. Mobil hybrid juga menjadi solusi baru yang lebih ramah lingkungan karena mobil ini tidak menggunakan bahan bakar fosil. Teknologi CCS bisa juga digunakan untuk menimbun gas berbahaya dalam tanah. Namun, cara ini masih sangat mahal dan belum bisa diterapkan secara efektif di Indonesia. Gerakan penghijauan adalah cara yang lebih mudah dan murah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s