Penggunaan Sistem Panas Bumi dan Tenaga Surya untuk Kelestarian Lingkungan

Manusia membutuhkan energi yang sangat besar untuk kegiatan sehari-hari. Kebutuhan ini harus diimbangi dengan pasokan energi yang cukup, terutama energi listrik. Ketersediaan pembangkit listrik bisa menjadi solusi yang sangat tepat untuk mencukupi kebutuhan energi. Tetapi, pengoperasian sumber energi tersebut seringkali melepaskan limbah berbahaya, termasuk polusi udara. Limbah yang tidak diolah dengan baik akan menjadi ancaman besar bagi lingkungan. Manusia membutuhkan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan dan efektif untuk mencukupi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, sistem panas bumi bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ini. Selain itu, nanosolar (tenaga surya) juga bisa menjadi sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan seefektif mungkin.

Enhanced Geothermal System adalah teknologi baru yang sangat efektif untuk menghasilkan energi baru. Dibandingkan dengan sumber energi lain, teknologi ini mampu menghasilkan energi tanpa mengancam kelestarian lingkungan. Panas alami yang berasal dari bumi bisa diolah dan dimanfaatkan untuk menghasilkan energi baru. Dengan teknologi ini, sumber panas bisa menjadi energi listrik. Konsep teknologi sistem panas bumi cukup mudah dipahami. Bumi ini mempunyai panas yang berasal dari reaksi unsur radioaktif di dalamnya, termasuk uranium. Reaksi tersebut juga bisa kita temukan di matahari sebagai pusat tata surya dan penghasil energi yang sangat melimpah. Kedua proses tersebut menghasilkan panas, tetapi temperatur bumi terus menurun selama proses pembentukannya. Sampai saat ini, sisa reaksi nuklir hanya ada di inti bumi yang kedalamannya mencapai 10.000 meter. Jika dibandingkan dengan semua sumber energi yang ada di lapisan kerak bumi (tempat kita tinggal), jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu kali. Bahkan, potensi energi tersebut lebih besar daripada minyak bumi atau sumber energi fosil lainnya. Pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi mempunyai tingkat efektifitas yang sangat tinggi. Lebih banyak energi bisa dihasilkan dalam waktu yang lebih singkat.

Nanosolar merupakan sumber energi alternatif lainnya yang bisa menjadi solusi ramah lingkungan. Dengan kata lain, alternatif ini bisa menjadi sumber terbaik yang memberikan energi tanpa merusak lingkungan. Pembangkit listrik tenaga surya tidak melepaskan gas berbahaya atau limbah beracun lainnya. Biaya pembuatan energi juga sangat ringan, yaitu hanya 30 sen untuk setiap watt. Konsep energi surya ini cukup mudah dipahami. Panel surya ditempatkan di tempat terbuka sehingga mampu “menangkap” sinar matahari. Penempatannya harus diatur sedemikian rupa sehingga mampu  mengalami kontak langsung dengan cahaya matahari. Setelah itu, panel tersebut mengolah energi matahari menjad listrik. Energi surya merupakan sumber energi yang sangat menjanjikan dan bisa memberikan peluang baru bagi generasi masa depan untuk menikmati hidup yang lebih baik. Salah satu perusahaan besar yang berambisi untuk menghasilkan energi surya bertempat di San Jose. Dengan panel surya yang ditempatkan di tempat strategis, perusahaan ini yakin bisa memproduksi 430 megawatt energi listrik setiap tahun.

Kebutuhan terhadap energi tidak seharusnya menjadi alasan untuk merusak lingkungan hidup. Kelestarian lingkungan perlu dijaga sebaik mungkin sehingga kekayaan alam masih bisa dinikmati dan digunakan. Bahan bakar fosil bukanlah pilihan yang tepat karena bisa menghasilkan gas buang yang beracun dan tidak ramah lingkungan. Kendaraan bermotor menjadi salah satu penghasil polusi udara yang paling besar. Namun, konsumsi bahan bakar fosil tersebut bisa dikurangi dengan sumber energi lain, misalnya listrik. Masih banyak sumber energi alternatif yang bisa kita gunakan untuk menyelamatkan lingkungan dan generasi masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s