Pemanasan Global dan Ancaman bagi Lingkungan Hidup

Pemanasan global bukan lagi isu baru di era modern ini. Meningkatnya polusi dan penggunaan kekayaan alam yang tak terkendali menjadi pemicu utama ancaman bagi lingkungan hidup ini. Global warming mengancam keseimbangan lingkungan hidup. Mencairnya es di kutub bumi merupakan pertanda yang jelas bahwa bumi semakin panas. Jika es di kutub utara dan selatan habis, permukaan air laut pasti akan naik dan banyak wilayah di bumi ini yang akan tenggelam. Kita tentunya tidak ingin bencana ini terjadi dan sudah seharusnya kita berusaha untuk mengubah keadaan ini. Banyak faktor menyebabkan pemanasan global ini, tetapi ada juga banyak cara untuk mengatasinya atau setidaknya mengurangi dampaknya. Bumi dan seluruh kekayaan alam di dalamnya harus dijaga dan digunakan sebaik mungkin untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia.

Ada banyak cara mudah untuk mengatasi global warming dan membuat bumi menjadi tempat yang nyaman dan bersahabat bagi umat manusia untuk hidup. Cara radikal tidak diperlukan untuk mengatasi masalah ini karena perubahan yang terjadi begitu cepat justru akan menimbulkan dampak negatif. Kita bisa memulainya dari diri sendiri dan mengajak orang lain untuk melakukan hal serupa. Perubahan besar dimulai dari perubahan kecil dan perubahan juga membutuhkan proses yang panjang. Mengatasi pemanasan global bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan secara instant.

Jika Anda ingin berbuat sesuatu untuk mencegah global warming dan melindungi planet bumi, ubahlah gaya hidup Anda. Gaya hidup menentukan tingkah laku dan kebiasaan orang dalam kehidupan sehari-hari. Aspek ini sangat berpengaruh pada pola konsumsi seseorang. Kita seringkali lebih menuruti gaya hidup daripada kebutuhan hidup. Sesuatu yang kita inginkan belum tentu kita butuhkan. Jika seseorang lebih menuruti tuntutan gaya hidup ketimbang kebutuhan hidup, dia sedang melakukan pemborosan yang tidak perlu. Gaya hidup berlebihan hanya akan menguras energi dan sumber daya alam tanpa tujuan yang jelas. Untuk mengatasi global warming, ubahlah gaya hidup. Sifat konsumtif yang berlebihan harus dikurangi karena pemborosan energi yang berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi bumi dan lingkungan. Banyak cara mudah yang bisa diterapkan untuk mengubah gaya hidup. Jika Anda ingin pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah, Anda seharusnya berjalan kaki dan tidak menggunakan kendaraan bermotor. Gunakanlah perangkat elektronik seperlunya dan matikan jika tidak digunakan. Kurangilah bahan kimia yang sering digunakan sehari-hari. Pembersih lantai, detergen, dan pengharum ruangan biasanya mengandung bahan kimia yang tidak ramah lingkungan. Hidup adalah sebuah pilihan. Pilihlah keputusan yang tepat untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.

Dampak buruk global warming bisa ditekan dengan bertambahnya jumlah pohon. Penghijauan adalah salah satu cara paling tepat untuk mengurangi dampak buruk pemanasan global. Anda bisa menanam pohon dan mengajak orang lain melakukan hal yang sama. Dengan menanam pohon baru, kita bisa mengurangi gas karbondioksida dan memperbanyak oksigen yang diperlukan untuk proses pernafasan. Pohon adalah cara tepat untuk mengurangi polusi udara karena pohon bisa mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Meskipun penebangan hutan liar semakin tidak terkendali, tidak ada salahnya kita mencoba meluangkan sedikit waktu. Gunakanlah situs jejaring sosial untuk mengkampanyekan kegiatan positif ini. Dengan menanam pohon, kita bisa memberikan harapan baru bagi generasi mendatang untuk menikmati lingkungan yang lebih baik tanpa pemanasan global. Pohon tidak bisa tumbuh secara cepat karena proses ini membutuhkan waktu bertahun-tahun.

One thought on “Pemanasan Global dan Ancaman bagi Lingkungan Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s