Menyelamatkan Generasi Masa Depan dengan Pendidikan Lingkungan Hidup

Generasi mendatang juga membutuhkan sumber daya alam dan kesempatan untuk menikmati hidup yang lebih baik. Namun, harapan ini tidak bisa diwujudkan tanpa kesadaran dan perbuatan yang tepat untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup. Keseimbangan alam semakin terganggu karena ulah manusia yang menggunakan sumber daya alam secara tidak proporsional. Mereka menebang banyak pohon tanpa menanam pohon baru untuk tumbuh kembali. Penggundulan hutan seringkali terjadi dan pemerintah seakan-akan tidak mempunyai “taring” untuk menindaklanjuti pengrusakan alam tersebut. Menjaga kelestarian lingkungan merupakan kewajiban setiap manusia. Untuk tujuan itulah, pendidikan lingkungan hidup wajib diberikan.

Pendidikan bukanlah sekedar formalitas, tetapi cara ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Melalui pendidikan ini, kita bisa mencari jalan keluar untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Penggundulan hutan bisa ditindaklanjuti dengan memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku tindakan perusakan tersebut. Polusi udara yang sangat parah di kota besar bisa dikurangi dengan menanam banyak pohon atau membuat taman kota. Pendidikan yang dimaksud disini adalah peningkatan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya pengelolaan sumber daya alam. Kekayaan alam harus dikelola dengan bijak sehingga generasi mendatang bisa menikmatinya. Sumber daya alam terbatas dan kita harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Pendidikan lingkungan hidup bisa dilakukan secara formal maupun tidak formal. Formalitas tidak begitu penting karena tujuan utamanya adalah menyadarkan masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga keseimbangan lingkungan hidup. Pendidikan ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dimana hasil akhirnya berupa lingkungan yang lebih baik. Dengan pendidikan lingkungan hidup, kita bisa mencari pemikiran dan solusi baru untuk memecahkan masalah lingkungan. Atau, kita bisa mencari alternatif lain yang bisa diterapkan untuk membangun masa depan yang lebih baik. Solusi ini juga diterapkan untuk mencegah kerusakan lingkungan lebih lanjut. Usaha perbaikan dan pencegahan harus dilakukan secara proporsional untuk mencapai tujuan ini. Perbaikan dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari kerusakan yang sudah terjadi. Pencegahan dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan lebih lanjut. Jika alam tidak dilindungi dari eksploitasi berlebihan, sumber daya alam bisa habis karena tidak diberi kesempatan untuk beregenerasi. Banyak sumber daya alam yang masih bisa diperbarui dan kita harus bisa mengelolanya secara tepat.

Ada banyak cara untuk menerapkan pendidikan lingkungan hidup, setidaknya dalam cara formal dan tidak formal. Pendidikan formal diterapkan melalui kurikulum dan ditujukan bagi para pelajar. Cara ini memang terkesan terlalu kaku dan teoritis, tetapi pelajar juga membutuhkan informasi dan pemahaman yang tepat tentang pengelolaan lingkunga hidup. Dengan cara ini, diharapkan mereka bisa berpartisipasi aktif untuk menjaga kekayaan alam. Namun, cara ini tidak akan memberikan hasil apapun selama masih dianggap sebagai teori tanpa penerapan yang nyata. Sementara itu, cara non formal bisa langsung diterapkan di lapangan tanpa perlu menyampaikan terlalu banyak teori. Praktik langsung adalah salah satu bentuk pendidikan lingkungan hidup yang tepat karena mendorong banyak pihak untuk langsung bertindak. Pelaksanaannya bisa dilakukan dengan menanam pohon atau membersihkan lingkungan secara gotong-royong. Cara ini membutuhkan kekompakan karena kegiatannya dilakukan secara serentak. Pendidikan formal dan non formal sangatlah berguna untuk membuat masyarakat menyadari pentingnya lingkungan hidup.

Tujuan paling utama dari pendidikan lingkungan hidup adalah kesadaran masyarat terhadap pentingnya keseimbangan dan kelestarian lingkungan. Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan bisa menyebabkan masalah besar bagi generasi mendatang sehingga kekayaan alam tetap harus digunakan secara bijak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s