Langkah Mudah untuk Menyelamatkan Lingkungan Hidup

Lingkungan menentukan masa depan kita karena kita tidak mungkin bisa bertahan hidup tanpa sumber daya alam yang begitu melimpah dari alam. Jadi, merupakan kewajiban setiap manusia untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keutuhan dan keberlangsungan lingkungan hidup. Jika Anda menginginkan perubahan bagi bumi ini, mulailah dengan sesuatu yang kecil dari diri sendiri. Perubahan besar tidak akan ada tanpa perubahan kecil. Ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan untuk menyelamatkan bumi dan lingkungan hidup dimana kita tinggal.

Penghematan adalah salah satu langkah tepat untuk menyelamatkan lingkungan hidup, tempat dimana kita tinggal. Energi yang terbuang percuma harus ditekan serendah mungkin karena hanya akan menghabiskan sumber daya alam tanpa tujuan yang jelas. Meskipun terkesan sepele, mematikan lampu atau perangkat elektronik saat tidak diperlukan bisa membawa perubahan besar untuk menghemat energi listrik. Energi adalah kebutuhan pokok bagi semua orang dan semuanya mempunyai hak yang sama untuk menikmatinya. Air juga harus dihemat dan digunakan seefektif mungkin untuk mengurangi pemborosan sumber daya alam. Air seharusnya digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Kebersihan juga menentukan kualitas lingkungan. Tempat yang bersih terhindar dari kuman dan virus penyebar penyakit. Untuk mendapatkan lingkungan yang bersih, selalu buang sampah  pada tempatnya. Kebiasaan ini harus ditanamkan sejak dini karena kita menghasilkan sampah dalam jumlah yang tidak sedikit setiap hari. Jika pembuangan sampah tidak diatur dengan baik, sampah bisa menumpuk dan menggunung dimana-mana. Selain itu, sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan banjir dan kerugian material yang tidak sedikit. Pemisahan sampah juga merupakan wujud pengelolaan sampah yang tepat. Setiap sampah harus dipisahkan sesuai dengan jenisnya,yaitu organik dan anorganik. Pemisahan ini akan memudahkan proses daur ulang karena setiap jenis sampah membutuhkan perlakuan berbeda. Sampah organik bisa diubah menjadi kompos dan sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi barang baru dengan fungsi yang tidak jauh berbeda. Penggunaan sampah plastik juga perlu dikurangi untuk menekan jumlah limbah yang terus menumpuk. Sampah ini membutuhkan waktu yang lebih lama agar bisa diuraikan. Selain itu, proses daur ulang juga sulit dilakukan untuk sampah ini. Perilaku konsumtif harus diubah karena sikap ini adalah penyebab utama pemborosan sumber daya alam. Menghemat energi dan sumber daya alam adalah langkah tepat untuk menyelamatkan lingkungan hidup.

Menanam pohon merupakan tindakan preventif untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan hidup. Pohon mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan kita. Tanpa pohon, manusia akan kesulitan bernafas karena tidak ada pasokan oksigen yang memadai. Pohon mengubah karbondioksida beracun menjadi oksigen yang dibutuhkan semua makhluk hidup untuk bernafas. Jika kandungan oksigen dalam udara tidak mencukupi, kita pasti akan mengalami kesulitan untuk bernafas. Jika setiap orang mau menanam satu pohon, maka perubahannya bisa terasa. Jika dibandingkan dengan jumlah penebangan pohon liar yang terus dilakukan setiap hari, mungkin tindakan ini tidak memberikan dampak yang cukup berarti. Tetapi, setidaknya kita masih mau berusaha untuk membenahi lingkungan hidup.

Perubahan besar bisa dimulai dari perubahan kecil. Gunakanlah teknologi komunikasi untuk mengkampanyekan gaya hidup baru yang lebih ramah lingkungan. Cara paling tepat dan mudah adalah situs jejaring sosial. Gunakanlah fitur yang disediakan untuk mengajak orang lain berbuat sesuatu demi lingkungan. Cara ini bisa sangat efektif karena bisa menjangkau banyak orang hanya dalam waktu singkat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s