Beberapa Macam Pemantauan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan

Pada umumnya rencana pemantauan lingkungan dilakukan pada flora dan fauna. Pemantauan tersebut berfungsi untuk mengetahui jumlah flora dan fauna yang berada dalam penimbunan. Untuk rencana terhadap pemantauan lingkungan ini diperlukan adanya ketelitian dalam menyusun dokumen yang diperlukan untuk pemantauan terhadap lingkungan. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan seperti komponen yang ada dalam lingkungan hidup dengan memantau perubahan-perubahan yang terjadi berikut dengan dampak-dampak yang ada. Faktor yang ke dua adalah relasi hubungan antara dokumen-dokumen tersebut dengan sejmlah aspek seperti RKL, RPL, anda ANDAL. Pemantauan lingkungan tersebut dapat langsung dilakukan dengan menyoroti faktor yang menyebabkan komponen lingkungan hidup mengalami dampak tersebut. Untuk efisiensi harus dipastikan bahwa pemantauan terhadap lingkungan tersebut bersifat ekonomis namun praktis dan efektif. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah rencana pengumpulan data dan juga analisis data. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu jenis data, lokasi pemantauan lingkungan, metode yang akan dilakukan untuk mengumpulkan data, metode yang tepat untuk menganalisis data yang ada, dan frekuensi serta lamanya waktu yang diperlukan untuk melakukan pemantauan tersebut. Semua itu harus dilakukan dengan tepat agar dicapai tujuan pemantauan lingkungan hidup.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dipantau misalnya komponen fisika maupun kimia yang bisa berupa tata guna suatu lahan. Untuk wilayah ini dampak yang perlu dipantau adalah jenis komponen lingkungan yang ada sedangkan sumbernya adalah dari tingkat kepadatan lingkungan. Komponen yang dipantau adalah tata kegunaan tanah yang dilakukan untuk mengetahui penggunaan lahan untuk proyek pembangunan. Untuk pemantauan ini sebaiknya dilakukan sekali dalam sebulan. Ada juga pemantauan yang dilakukan pada kualitas air. Yang dipantau adalah kualitas air itu sendiri berikut hidrologi. Sumber yang dijadikan pemantauan adalah pengerukan yang dilakukan pada pelabuhan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perairan. Parameter yang digunakan adalah pH air tersebut. Adapun tujuan dari pemantauan ini adalah untuk mengetahui apakah air masih memenuhi standar kelayakan akibat pengerukan dan lain sebagainya yang dijadikan sebagai acuan dalam pemantauan.

Bisa juga dilakukan pemantauan terhadap tingkat erosi dan abrasi yang banyak terjadi. Cara yang tepat untuk melakukan pemantauan ini adalah dengan memantau langsung di area yang dijadikan sasaran pemantauan lingkungan. Pemantauan lain yang bisa dilakukan adalah hidrooseanografi dengan menitikberatkan pada indikator perubahan pola pada arus pasang surut, sedimentasi, dan lain sebagainya. Adapun parameter yang digunakan adalah laju sedimentasi itu sendiri, pola pada pasang surut, dan lain sebagainya. Untuk pemantauan ini bisa dilakukan sekali dalam dua tahun. Untuk pemantauan terhadap biota yang ada di darat bisa dilakukan dengan menggunakan jumlah flora dan fauna yang sudah hilang dengan menitikberatkan pada keragaman serta penyebaran vegetasi di darat. Untuk metode yang digunakan sebaiknya adalah pengumpulan data langsung dengan menggabungkan intervensi jenis dan jarak tanaman dan lain sebagainya. Untuk jangka waktu pemantauan sebaiknya adalah tiga kali untuk masa pemindahan fauna dan tiga kali untuk masa penanaman tanaman. Untuk pemantauan biota dalam air umumnya dilakukan pada plankton dan juga benthos yang menitikberatkan pada populasi mereka. Untuk mengumpulkan data bisa dilakukan dengan sistem sampling dengan uji laboraturium. Untuk pemantauan ini sebaiknya dilakukan tiga kali pada proses konstruksi. Untuk semua pemantauan yang dilakukan harus ada ketelitian dan keuletan. Semua data yang diperoleh harus dianalisis dengan metode yang tepat supaya data yang dihasilkan dapat dipercaya atau reliable.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s