Aksi Solutif Lawan Banjir

Memasuki musim penghujan kini masyarakat perlu mewaspadai akan beberapa hal yang kemungkinan besar terjadi tak terkecuali dalam hal bencana alam. Dan satu yang paling beresiko terjadi saat musim penghujan datang adalah banjir.

Bencana banjir bagi sebagian wilayah di tanah air merupakan momok yang sangat mengerikan. Meski statusnya merupakan bencana alam namun sesungguhnya ada banyak sekali faktor penyebab banjir yang justru disebabkan oleh ulah manusia. Beberapa diantaranya yang tercatat oleh badan penanggulangan bencana alam adalah sebagai berikut:

Penyebab banjir di musim hujan

Labilnya kondisi tanah sebagian wilayah yang menjadi langganan banjir

Layaknya kota sebesar Jakarta, kondisi tanah yang labil inilah yang merupakan penyebab utama banyaknya kasus banjir terjadi. Kasus yang pernah terangkat di media serta kalangan penyimak berita online lainnya ini merupakan kondisi dimana air yang mengguyur tersebut tak mampu diserap baik oleh tanah sehingga lewat begitu saja.

Jika air yang lewat merupakan air yang dalam konsentrasi yang rendah atau sedikit jumlahnya, namun yang menjadi masalah adalah ketika jumlah air yang mengguyur kawasan tersebut tergolong dalam volume yang banyak maka dalam waktu sekejap saja kawasan tersebut

Pengelolaan pembuangan sampah yang masih semrawut

Banyaknya kasus sampah yang tak terselesaikan tersebut merupakan suatu hal klasik yang menunggu untuk digarap, tidak hanya oleh orang-orang yang peduli namun juga seluruh lapisan masyarakat.

Dengan hanya mengandalkan petugas atau hanya pihak yang berwajib maka akan sangat mustahil untuk menyelesaikan ini. Namun yang seharusnya dilakukan adalah dengan bersama bergandengan tangan untuk bergotong royong mengelola sampah.

Akan tetapi, sebelum hal itu semua dilakukan, maka yang perlu dipersiapkan adalah sumberdaya manusia yang sedia dan memiliki kesadaran ekstra tinggi untuk peka terhadap permasalahan lingkungan.

Menilik pada kondisi masyarakat sekarang tentu rasa optimis masih bisa kita rasakan. Meskipun kasus pembuangan sampah yang sembarangan masih sering dilihat namun minimal generasi dibawah kita telah banyak yang memiliki kepekaan tinggi akan hal tersebut. Sehingga memiliki keluarga bahkan generasi yang sehat karena mencintai lingkunga bukalah suatu keniscayaan semata.

Penyebab lain adalah berupa ketidak disiplinan manusia untuk tidak merapikan sistem perairan di tanah air. Hampir sebagian besar selokan dan sungai yang ada di kawasan perkotaan tersebut memiliki kondisi yang sangat memprihatinkan. Selokan tersumbat dimana-mana, banyaknya genangan air serta sungai yang mengalami pendangkalan dan warnanya tak enak untuk dipandang mata.

Solutif agar bebas banjir

Tak mau bukan jika setiap kali musim penghujan datang anda harus terpaksa mengungsi karena banjir? Maka berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga agar lingkungan kita bisa terhindar dari banjir.

Meski agak berat dan bersusah-susah namun cara ini biasanya paling efektif yakni kerja bakti warga untuk melakukan banyak hal, terutama adalah pembersihan selokan yang tersumbat, mengeruk kali atau selokan yang telah mengalami pendangkalan serta rutin membuang sampah pada tempatnya.

Hal simpel ini bisa dijadikan suatu kebiasaan baik bahkan akan sangat membantu dalam penanggulangan banjir di kawasan perkotaan.

Manfaat lain dari kerja bakti ini adalah bisa menimbulkan keakraban diantara sesama warga yang ikut terlibat di dalam aktivitas positif tersebut.

Mengingat kini juga sedang marak terjadi antara satu warga dengan warga yang lain tak saling mengenal dan menyapa. Selamat mencoba, bergerak untuk menanggulangi dan mencegah banjir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s