Upaya Pengelolaan Lingkungan Sebagai Bekal Anak Cucu Kita

Saat ini disadari dan tidak disadari, kerusakan ekosistem sudah menjadi-jadi dan semakin parah. Hal ini bisa dilihat dari buruknya kualitas air yang kita konsumsi tiap hari dan juga bisa dilihat secara langsung dari keruhnya air sungai serta sampah yang menggunung disepanjang aliranya. Kerusakan ekosistem juga telah sering merugikan masyarakat dan juga memakan korban jiwa. Sebagai contohnya adalah tanah longsor dan banjir. Tanah longsor terjadi karena pohon-pohon dibabati sehingga tanah tidak ada penopang yang menjaganya saat air hujan menggerusnya. Banjir juga terjadi karena resapan air dijadikan perumahan dan banyaknya sampah yang ada disungai. Selain itu, banjir juga terjadi karena menyempitnya sungai. Sungai semakin menyempit karena masyarakat membangun rumah dipinggiran sungai dan memakan bagian dari sungai sehingga waktu air hujan datang, tidak bisa lancar melaluinya. Ada banyak upaya pengelolaan lingkungan yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak masalah lingkungan hidup.

Salah satu upaya pengelolaan lingkungan hidup adalah dengan cara menerapkan teknologi tepat guna dalam mengelola sumberdaya alam. Pada dasarnya, sumber daya alam ada dua macam yaitu yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Pemanfaatan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, gas, dan batubara haruslah dikelola dengan sangat hati-hati agar pemanfaatanya bisa efisien dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Pemerintah hendaknya mengeluarkan aturan yang ketat tentang pemanfaatan sumberdaya alam tak tergantikan tersebut dan menindak oknum dan perusahaan yang tidak mematuhinya. Untuk teknologi pemanfaatan sumberdaya alam yang terbarukan, sebaiknya saat dieksplorasi juga sekalian dilakukan proses rehabilitasi agar suatu saat nanti bisa digunakan kembali. Selain itu, upaya pengelolaan lingkungan hidup bisa juga dengan menegakkan hukum dengan tegas dan tidak pandang bulu. Penegakan hukum yang adil dan konsisten akan membuat jera para perusak lingkungan sehingga kerusakan lingkungan bisa ditekan. Untuk mengelola lingkungan dengan lebih baik, maka harus ada kewenangan dan tanggung jawab dari pemerintah dari berbagai lapisan sampai ke tingkat kelurahan dan desa. Dengan begitu masyarakat akan ikut terlibat secara aktif dalam mengelola lingkungan. Hal ini juga termasuk sosialisasi sampai tingkat RT dan RW.

Untuk pengelolaan lingkungan yang lebih baik, maka bisa dilakukan dengan membudayakan masyarakat. Membudayakan masyarakat untuk ikut mengelola lingkungan mungkin adalah cara yang paling efektif untuk menyelamatkan lingkungan karena masyarakat adalah juga perusak lingkungan itu sendiri. Dengan begitu, membuat mereka merubah cara mengelola lingkungan, maka ekosistem akan terjaga. Mengikutsertakan masyarakat dalam upaya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan akan memberikan hasil positif dimasa depan. Namun hasil jangka pendek akan agak sulit tercapai. Dalam memberdayakan masyarakat, diperlukan ketelatenan dan juga kesabaran dalam membina karena masyarakat tidak semerta-merta bisa berubah dengan drastis begitu saja. Perlu proses yang panjang serta pendampingan yang terus menerus agar masyarakat bisa mulai membudayakan diri dalam memanfaatkan ekosistem secara bijak. Selain itu, upaya pengelolaan lingkungan bisa juga dilakukan dengan cara memperbaiki kerusakan lingkungan yang sudah ada. Jika ada hutan yang gundul karena penebangan liar, maka reboisasi adalah jalan keluarnya. Namun jika perusak hutan tidak ditangkap maka kerusakan yang sama akan tetap terjadi lagi dimasa depan. Pengelolaan lingkungan dengan membersihkan sungai dari rumah penduduk juga bisa mengurangi dampak banjir yang sering melanda kota besar namun hal ini harus dilakukan dengan cara bijaksana dan arif karena menyangkut kepentingan hidup orang banyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s