Strategi Pengelolaan Lingkungan Hidup

Manusia dikenal sebagai makhluk hidup yang berakal sehat dan pandai di dalam mengelola berbagai sumber daya. Telah hadir berbagai teknologi yang digunakan untuk berbagai kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu. Tujuan dari dikembangkannya teknologi sudah sangat jelas, yaitu untuk memberikan berbagai macam kemudahan dari berbagai kegiatan. Contohnya adalah teknologi transportasi yang merupakan wujud dari keinginan untuk dapat dengan mudah bepergian dari satu tempat ke tempat yang lainnya tanpa terlalu banyak waktu yang terbuang percuma.

Sayangnya, pengembangan teknologi seringkali berjalan ke arah yang berlawanan dengan keiinginan untuk melestarikan lingkungan hidup. Contohnya adalah teknologi transportasi (lagi). Dengan adanya teknologi transportasi dan meningkatnya julmlah kendaraan bermotor, jumlah emisi gas juga ikut naik dan ini berdampak buruk bagi lingkungan. Hal ini sedang berusaha untuk diatasi dengan cara menggunakan teknologi yang lebih ramah yang menghasilkan emisi gas lebih rendah. Namun jika jumlah kendaraan bermotor terus dan terus bertambah, maka ini akan sia-sia.

Strategi pengelolaan lingkungan hidup haruslah diterapkan dengan baik agar perubahan lingkungan hidup dapat di tahan selama mungkin dan tentunya hal ini harus dilakukan dengan disiplin yang tinggi juga. Jika dilakukan dengan penuh kesadaran dan juga disiplin, maka bukan tidak mungkin lingkungan akan pulih secara perlahan-lahan. Pada prinsipnya, terdapat empat jenis strategi pengelolaan lingkungan yang dapat digunakan demi lestarinya lingkungan hidup. Keempat strategi ini dapat digunakan di mana saja dan tentunya lebih cepat dan disiplin dalam menerapkan strategi ini maka akan lebih baik.

Strategi pertama adalah pengelolaan lingkungan secara rutin. Di sini maksudnya adalah pengelolaan lingkungan yang telah direncanakan haruslah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Selain itu, pengelolaan ini juga haruslah dilakukan secara terus menerus dan tidak terputus ditengah jalan. Rasanya memang mudah untuk dilakukan, namun kenyataannya hal ini cukup sulit untuk dilakukan terutama jika akan dilakukan pada skala yang cukup besar dan melibatkan berbagai lapisan masyarakat. Membiasakan diri dengan program pelestarian lingkungan secara rutin dapat dimulai dari masing-masing individu.

Strategi kedua adalah perencanaan yang lebih awal dan lebih cepat didalam mengelola satu lingkungan. Di dalam mengelola lingkungan, terdapat begitu banyak individu yang melihat adanya masalah dengan lingkungan mereka. Namun sayangnya, mereka ini kurang tanggap di dalam mengatasi masalah yang telah terbentang di depan mata. Banyak invdividu yang tidak dengan cepat mengajukan program pengelolaan lingkungan yang berakibat pada rusaknya satu lingkungan. Mencegah akan lebih baik daripada mengobati, maka dari itu, perencanaan dini akan lebih baik di dalam menanggulangi masalah lingkungan.

Strategi ketiga adalah pengelolaan lingkungan dengan memperhitungkan dampak yang akan terjadi. Ini merupakan langkah penting yang harus diambil oleh berbagai individu yang ingin membangun satu bangunan baru yang misalnya digunakan untuk pabrik. Perencanaan akan sangat diperlukan mengingat setiap bangunan yang digunakan oleh berbagai individu akan memiliki sejumlah limbah yang tidak baik bagi lingkungan terutama jika tidak dikelola dengan baik. Perencanaan tentunya ditikberatkan kepada pengelolaan limbah dan memperkecil besarnya dampak pada lingkungan.

Strategi keempat adalah pengelolaan lingkungan untuk perbaikan. Hal ini dilakukan karena alasan yang jelas yaitu lingkungan yang telah menjadi rusak akibat tangan-tangan manusia yang kurang bertanggung jawab ataupun karena satu kerusakan alami yang disebabkan oleh bencana alam. Di dalam memulai rencana ini, akan ada beberapa hal yang perlu untuk dipikirkan lebih lanjut sebelum dimulainya proses pemulihan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s