Pentingnya Usaha Pelestarian Lingkungan

Lingkungan kita saat ini sudah sangat parah kerusakannya sehingga dibutuhkanlah usaha pelestarian lingkungan yang sifatnya efektif dan tepat sasaran. Kerusakan lingkungan bukanlah hal sepele karena lingkungan hidup adalah satu-satunya penunjang kehidupan manusia dimuka bumi ini.

Sebagian besar kerusakan alam disebabkan oleh manusia dengan tangan-tangan jahil mereka yang sering mengeksplorasi kekayaan alam tanpa memperhitungkan dampaknya kepada lingkungan sekitar. Jika proses pengrusakan lingkungan hidup terjadi terus menerus, maka bukan tidak mungkin alam akan marah dengan kita dan membalas dengan bencana-bencana yang mengerikan yang bisa membunuh banyak umat manusia dalam sekejap dan meluluhlantakan apa yang sudah ada.

Oleh sebab itu, manusia, sebagai perusak utama alam, hendaknya juga bisa berusaha untuk menjadi pelestari alam itu sendiri dan tidak sekedar menguras kekayaan alam saja. Usaha pelestarian alam harus diselengarakan secepatnya demi kelangsungan kehidupan umat manusia.  Usaha pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat. Upaya ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri karena masing-masing pihak mempunyai tanggung jawab yang berbeda yang harus bersinergi demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Upaya pelestarian lingkungan bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan mengajarkan pentingnya melestarikan lingkungan kepada masyarakat sejak dini. Anak sekolah harus diajarkan bahwa menjaga lingkungan itu sangatlah penting. Mereka juga wajib diajari bagaimana cara memanfaatkan lingkungan secara bijak dan tidak menambah kerusakan yang ada.

Sosialisasi pelestarian alam juga harus digalakkan sampai tingkat RT dan RW yaitu dengan sosialisasi di pertemuan tingkat rukun tetangga dan rukun warga sehingga warga bisa secara langsung mendengarkan sosialisasi dan bisa langsung bertanya jika ada yang tidak mereka ketahui. Dengan begitu maka kerusakan lingkungan bisa ditekan.

Selain kepada masyarakat sekitar dan anak-anak sekolah, sosialisasi ke perusahaan-perushaan yang disinyalir melakukan perusakan lingkungan juga sangat penting karena merekalah yang biasanya melakukan perusakan lingkungan dengan hasil terparah. Banyak perusahaan mengeksplorasi lingkungan dan juga membuang limbah kesungai dan udara yang membuat lingkungan semakin parah kerusakannya. Kepada mereka seharusnya diberlakukan hukum yang tegas yang membuat mereka jera untuk merusak lingkungan.

Jika lingkungan sudah rusak, maka hal-hal yang perlu dilakukan adalah seperti reboisasi. Reboisasi adalah penanaman kembali lahan dan area yang telah gundul dikarenakan pohon-pohonya sudah ditebangi. Dengan penanaman kembali maka lahan tersebut akan terbebas dari resiko longsor.

Rehabilitasi lahan juga salah satu usaha pelestarian lahan. Hal ini dilakukan dengan mengembalikan tingkat kesuburan lahan yang kritis dan tidak produktif. Ada banyak cara untuk melakukanya yaitu dengan mempergunakan pupuk kompos dan juga metode moderen.

Usaha pelestarian lingkungan bisa juga dilakukan dengan cara mengatur tata guna lahan serta pola tata ruang wilayah sehingga masyarakat tidak bisa secara bebas memanfaatkan lahan yang ada. Hal ini bisa mengurangi kerusakan lingkungan seperti perambahan hutan dan pemanfaatan sawah sebagai perumahan.

Menyediakan tempat sampah keluarga sampai tingkat kabupaten/ kota juga merupakan usaha melestarikan lingkungan sehingga masyarakat tidak membuang sampah secara sembarangan disungai yang bisa menyebabkan banjir.

Pemerintah juga seharusnya memberlakukan Surat Ijin Pengambilan Air untuk industri yang bisa berdampak kepada masyarakat sekitarnya. Selain itu, menjaga resapan air dengan menanaminya pohon-pohon besar juga merupakan salah satu bentuk usaha melestarikan alam.

Jika semua pihak dengan sukarela dan tulus iklas ikut menjaga lingkungan, maka bumi ini akan bisa dinikmati anak cucu kita lebih lama lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s