Peduli Kesehatan (Masyarakat)? Cermati Analisis Dampak Lingkungan!

Masalah kerusakan lingkungan menjadi agenda besar yang harus diselesaikan demi kelangsungan hidup generasi mendatang. Seiring bertambah banyak jumlah manusia, makin banyak juga masalah yang menghadang kaitannya tentang lingkungan. Kebersihan lingkungan, sanitasi, pencemaran lingkungan, polusi, menjadi sekian banyak faktor ancaman bagi manusia. Misalnya, kesehatan manusia akan terancam karena lingkungan yang sudah rusak dan tidak sehat. Banyak penyakit yang mengancam, seperti demam berdarah sampai infeksi paru – paru. Selain itu, masalah yang erat kaitannya dengan manusia dan lingkungan jaman ini adalah pengelolaan limbah dan sampah, masalah air bersih dan udara, sampai bencana alam. Belum lagi membicarakan mengenai penyakit yang di kemudian hari bisa menjadi endemi. Oleh karena itu, kajian analisis dampak lingkungan atau yang biasa disebut amdal sangat diperlukan untuk memetakan kemungkinan dampak yang timbul akibat permasalahan lingkungan.

Analisis dampak lingkungan adalah pendekatan untuk melakukan kajian mengenai dampak atau hal yang potensial bagi kesehatan manusia. Amdal ini dilakukan saat ada proyek atau usaha yang sedang dibangun dan menentukan dalam proses pengambilan keputusan penyelenggaraan usaha tersebut. Dua hal yang menjadi sasaran amdal adalah rencana yang dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan ancaman terhadap kesehatan manusia. Yang kedua, analisis yang berangkat dari kasus gangguan kesehatan yang meresahkan masyarakat, kemudian akan memunculkan hal yang berpotensi mengancam kesehatan, lalu menganalisis dampak tersebut.

Konsep analisis dampak lingkungan sangat cocok untuk ditetapkan sebagai langkah pencegahan penyakit endemi. Amdal tidak hanya dibuat untuk mengukur dampak kesehatan, tetapi juga melihat kepadatan populasi, yang nantinya akan berujung pada studi kesehatan masyarakat. Semua tahu bahwa kesehatan lingkungan sangat terkait erat dengan kesehatan masyarakat. Semakin menurun kualitas lingkungan, maka sudah bisa dipastikan akan banyak dampak yang mengancam kesehatan. Demikian juga sebaliknya.

Proses analisis dampak lingkungan sendiri sangat panjang, dan hampir bisa disamakan dengan penelitian jika dilihat dari metode pengambilan data. Amdal berujung pada evaluasi kepedulian masyarakat terhadap kesehatan. Di dalam proses amdal, populasi yang diambil sebagai sampel juga akan dilihat dari aspek sosio – kultural, kontaminasi lingkungan, hingga kadar yang ada dalam setiap tubuh individu di populasi sampel. Hasil atau outcome yang keluar akan menjadi perhatian utama, kemudian akan diungkapkan kepada masyarakat.

Ada pun tujuan analisis dampak lingkungan adalah proses ini akan membantu sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dari sebuah rencana usaha atau kegiatan. Penilaian terhadap kelayakan lingkungan yang nantinya akan berdampak pada masyarakat. Amdal juga menjadi bahan utama dalam perencanaan pembangunan, hal ini penting bagi instansi pemerintahan yang akan melakukan pembangunan wilayah. Rencana usaha atau kegiatan yang akan dilakukan sangat memerlukan rincian teknis yang dihasilkan konsep amdal. Keuntungan terbesar bagi masyarakat adalah pengetahuan atau informasi tentang dampak yang akan timbul setelah ada rencana atau kegiatan tersebut dilakukan. Hal ini penting karena masyarakat yang akan secara langsung mendapatkan dampaknya. Jika dirasa mengancam, masyarakat tentu bisa menolak perencanaan usaha atau kegiatan.

Analisis dampak lingkungan penting terutama bagi masyarakat yang tinggal di area dekat dengan proyek / rencana usaha tersebut. Lewat amdal, masyarakat tahu apa yang harus dilakukan jika hasil analisisnya akan mengancam kesehatan mereka. Dalam proses amdal, semua pihak harus terlibat. Seperti masyarakat yang berkepentingan atau yang akan terpengaruh oleh keputusan amdal, pihak yang bertanggung jawab atau rencana usaha atau kegiatan yang akan dilakukan, kemudian komisi penilai dokumen amdal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s