Lima Langkah Mudah Untuk Ramah Pada Lingkungan

Pemanasan global, hutan yang gundul, polusi air dan udara, penumpukan sampah, merupakan masalah lingkungan yang harus kita hadapi dewasa ini. Menjaga lingkungan agar tetap lestari merupakan tanggung jawab bersama bukan? Semua orang pasti menginginkan bumi yang sekarang ditinggali akan tetap sama ketika dua atau tiga generasi yang akan datang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka melestarikan lingkungan, dari pada hanya mengambil terus – terusan apa yang alam punya. Alam tentu mempunyai siklus regenerasi, tetapi jelas tidak seimbang dengan pertumbuhan jumlah manusia yang ada sekarang ini. Alam mungkin akan memperbarui habitatnya dengan proses yang lambat, tetapi tidak secepat yang dilakukan tujuh milyar manusia sekarang ini.

Banyak orang yang kemudian melakukan inovasi untuk menemukan cara baru dalam melestarikan lingkungan. Di bawah ini, beberapa langkah mudah untuk dimulai, langkah kecil dan sederhana, tetapi jika dilakukan secara masiv tentu akan berdampak luas, bukan? Mari mulai perjalanan pelestarian lingkungan.

Pertama, ganti produk yang ramah lingkungan. Misalnya, ganti lampu yang dipasangan di rumah dengan lampu ramah lingkungan. Kini ada banyak dijual di toko – toko. Produk yang tidak memerlukan banyak energi akan secara otomatis menghemat penggunaan listrik. Kedua, ubah kebiasaan menjadi lebih ramah terhadap lingkungan. Kebiasaan kecil yang tidak disadari malah sering luput dari perhatian. Misalnya, mematikan lampu ketika sudah tidak digunakan. Jika meninggalkan rumah dalam waktu lama, lebih baik tidak usah menghidupkan lampu, karena cenderung tidak berguna. Kemudian mematikan keran air ketika anda tidak memerlukannya. Matikan barang elektronik lain seperti televisi, radio, laptop, setrika, mesin cuci, AC, dan banyak lain jika tidak digunakan. Mengurangi penggunaan mobil, coba mulai beralih dengan sepeda, menggunakan kendaraan umum atau bahkan berjalan kaki. Lalu hilangkan kebiasaan menggunakan plastik, jika tidak bisa menghilangkan kebiasaan setidaknya bisa dikurangi. Misalnya, jika berbelanja, maka bawa plastik atau tas dari rumah sehingga anda tidak perlu menggunakan plastik yang baru. Ketiga, kembali ke alam. Maksudnya, anda bisa bersahabat dengan alam lewat cara hidup jaman sebelum globalisasi. Ubah halaman rumah dengan penuh tanaman. Menanam pohon juga sangat berguna sebagai ganti pendingin ruangan. Pohon juga multi fungsi karena selain mendinginkan rumah juga bisa melindungi dari sinar matahari.

Selain itu, usaha berkebun juga bisa dilakukan dalam melestarikan lingkungan. Jika menanam bahan makanan sendiri, maka akan terhindar dari pestisida yang jelas berbahan kimia dan kadang berbahaya. Istilah jaman sekarang lebih dikenal dengan organik. Menanam sendiri, menghasilkan, dan kemudian dikonsumsi sendiri secara sehat. Keempat, cari alternatif energi baru. Sumber energi yang dipakai saat ini pasti akan habis, suatu hari nanti. Karena sumber energi seperti minyak, batu bara, dan lainnya merupakan energi yang tidak dapat diperbarui. Menghasilkan sumber energi juga akan mengurangi kemungkinan terburuk jika suatu hari nanti semua sumber energi akan habis. Sumber energi yang potensial untuk masa depan adalah nuklir dan gas. Matahari juga bisa dijadikan sebagai sumber energi yang tiada batas, tinggal bagaimana cara mengolahnya. Dan ada banyak cara lain untuk menghasilkan energi, misalnya dari tinja yang kemudian menghasilkan gas dan akhirnya bisa dipakai sebagai sumber energi.

Terakhir, berhemat. Cara melestarikan lingkungan yang satu ini tergolong tidak mudah dilakukan. Masyarakat sudah sangat dekat dengan kebiasaan konsumtif. Melakukan aktivitas tidak harus selalu menggunakan barang yang baru. Semakin sering membeli barang yang baru, semakin banyak pula sumber daya dan energi yang terpakai dalam membuat barang tersebut. Lebih baik pintar dalam menggunakan ulang barang yang sudah lama, atau membuat barang yang baru dari bahan lama.

Advertisements

One thought on “Lima Langkah Mudah Untuk Ramah Pada Lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s