Sadari Masalah Lingkungan Sejak Dini

Indonesia yang memiliki banyak penduduk, pasti juga mempunyai resiko pencemaran lingkungan yan lebih tinggi. Walaupun begitu, sebagai masyarakat yang sadar akan kesehatan, anda harus bisa mencari cara untuk mengurangi resiko pencemaran tersebut. Hidup di lingkungan yang sehat akan membuat anda semakin nyaman menjalani kehidupan sehari – hari.

Lingkungan yang sehat dapat ditemui jika anda dan orang – orang yang tinggal di sekitarnya mencoba untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Hal ini mutlak diperlukan karena banyak diantara daerah – daerah di Indonesia ini yang masih belum bisa mendapatkan lingkungan hidup yang aman dan sehat.

Seperti yang kita semua tahu, ada berbagai macam permasalahan lingkungan yang biasa terjadi di lingkungan masyarakat. Untuk menghindarkan permasalahan itu terjadi, akan lebih baik jika orang – orang disekitar lingkungan ini menjalankan hidup sehat dan sadar akan bahaya kerusakan lingkungan.

Cukup dimulai dengan membuang sampah ditempatnya anda bisa mulai usaha memecahkan permasalahan yang dibuat oleh sampah yang dibuang tidak ditempatnya.  Semakin hari, semakin banyak orang yang telah sadar akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan untuk kelangsungan hidup mereka di masa depan.

Selain memulai penanaman kesadaran akan lingkungan bersih dari dalam diri sendiri, sosialisasi dari pemerintah juga sangat penting. Diharapkan dengan bantuan sosialisasi dari pemerintah ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya memecahkan permasalahan pencemaran yang menimpa lingkungan mereka.

Banyaknya pengusaha yang mendirikan pabrik – pabrik meningkatkan resiko dari pencemaran lingkungan. Seperti yang kita semua tahu, limbah buangan dari pabrik – pabrik mengandung banyak kandungan – kandungan yang berbahaya untuk keseimbangan dan kesehatan lingkungan.

Sudah banyak lingkungan yang tercemar karena limbah pabrik yang tidak memperhatikan limbah buangan mereka yang bisa mencemari lingkungan sekitar pabrik. Banyak pabrik yang tidak memperhatikan kesehatan lingkungan sekitarnya dengan membuang limbah yang masih mengandung zat – zat yang berbahaya untuk lingkungan.

Mengetahui hal ini, pemerintah bertindak dengan cara memberikan sanksi kepada pabrik yang tidak bisa membuat limbah buangannya lebih ramah lingkungan.

Dengan semakin digalakkannya hukum tentang limbah yang lebih ramah lingkungan ini, para pengusaha menjadi lebih teliti memproses limbah mereka sebelum membuangnya ke lingkungan. Cara ini benar- benar bisa membuat lingkungan di sekitar pabrik menjadi lebih layak huni dan lebih sehat dibanding sebelumnya.

Semakin menipisnya jumlah ruang hijau di Indonesia juga merupakan salah satu permasalahan yang harus diperhatikan oleh masyarakat. Jika penurunan jumlah tumbuhan hijau ini tidak segera ditangani, tidak mustahil Negara ini akan mengalami kerusakan lingkungan yang parah.

Ruang hijau seperti hutan merupakan komponen penting yang harus selalu dirawat keberadaannya. Banyak bencana alam yang bisa terjadi jika keberadaan hutan yang hijau ini dihilangkan sedikit demi sedikit. Tanah longsor menjadi salah satu contoh yang nyata dari bahaya hilangnya hutan yang hijau. Seperti yang kita semua tahu, hutan yang rimbun adalah penyangga alami yang kokoh untuk tanah yang ada di pegunungan.

Karena itulah, saat pohon penyangga yang kokoh ini ditebang secara liar, tanah yang disokongnya akan runtuh dengan lebih mudah. Walaupun hal ini berbahaya tetap saja ada banyak orang yang menebang penopang alami ini secara liar tanpa memperhatikan akibatnya. Ini mungkin karena orang – orang tersebut tidak mempunyai kesadaran yang tinggi tentang bahaya perbuatan mereka kepada lingkungan sekitar hutan. Banyak kerugian yang akan membuat kehidupan orang – orang menjadi tidak nyaman dan tidak tenang karena permasalahan yang terjadi di lingkungan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s