Menuju Kantor Go Green Dengan Sampah

Sampah sekarang ini tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan dan menjijikan asalkan Anda bisa mengolahnya dengan bijak. Sebelum memulai penjelasan kantor sehat, ada baiknya bila Anda mengetahui sedikit tentang sampah. Sampah terbagi menjadi dua jenis, sampah organik dan sampah non organik. Sampah organik adalah sampah yang bisa diuraikan kembali. Ini berarti, yang termasuk sampah organik adalah sampah bekas makanan, sampah basah, dan sebagainya. Tentu saja, jenis sampah seperti ini biasanya cepat membusuk karena memiliki kandungan air yang tinggi. Tak heran bila sampah organik memiliki bau yang tidak sedap. Sampah non organik adalah jenis sampah yang membutuhkan waktu amat lama untuk bisa terurai. Plastik adalah salah satu jenis sampah non organik. Tak heran apabila banyak orang yang berusaha untuk mendaur ulang plastik untuk menjaga kelestarian lingkungan. Sesungguhnya, bukan hanya plastik saja yang bisa didaur ulang. Sampah organik pun bisa diolah kembali.

Memang biasanya banyak digunakan mesin untuk daur ulang sampah-sampah non organik. Lalu bagaimana dengan sampah organik? Dulu memang sulit untuk mengembangkan komposter untuk sampah organik. Bukannya tidak mungkin, namun memang tidak efisien dan membutuhkan banyak biaya. Tak heran apabila orang merasa malas untuk mengolah sampah organik. Namun, sekarang ini telah ditemukan alat terbaru yang merupakan komposter sampah organik. Anda tidak perlu menambahkan air atau material lain, mengaduk, atau mengutak-atik sampah yang telah dimasukkan ke dalam komposter ini. Yang harus Anda lakukan hanyalah menambah jumlah sampah setiap harinya. Seminggu kemudian, Anda telah menemukan bahan yang bagus untuk pakan ternak.

Namun, itu semua memang cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Bagaimana dengan kantor? Untuk membuat kantor ramah lingkungan seperti ini, yang harus Anda lakukan hanyalah memanggil ahlinya untuk membereskan masalah sampah Anda. Seperti yang Anda lihat, tumpukan dan serakan daun kering di halaman kantor Anda bisa mengurangi keindahan. Daripada dibakar, lebih bermanfaat apabila Anda mempekerjakan seseorang yang memang profesional untuk membereskan masalah ini. Si profesional akan menggunakan alat komposter seperti yang disebutkan di atas, namun kali ini fungsinya untuk menjadikan hasil akhir sebagai pupuk, bukan pakan ternak. Tentu saja Anda akan memiliki beragam keuntungan yang bisa didapatkan dari pengolahan ini. Tidak perlu khawatir, pengolahan sampah menjadi sesuatu yang berguna tidak perlu mahal. Sebaliknya, dengan mengeluarkan uang secukupnya, Anda telah berkontribusi dalam pengelolaan lingkungan.

Keuntungan pertama yang Anda dapatkan adalah, Anda bisa mendapatkan kantor yang lebih sehat. Ini karena Anda menjadikan sampah tadi sebagai pupuk. Dengan itu, Anda bisa yakin bahwa akan banyak tanaman yang tumbuh dengan subur di kantor Anda. Tentu saja, ini lebih sehat dibanding kantor yang gersang. Anda juga bisa menjadikan tanaman sebagai dekorasi kantor Anda. Untuk menjaga kelangsungan hidup tanamam dekorasi Anda, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli pupuk. Cukup menggunakan pupuk kompos hasil dari sampah daun kering tadi. Selain lebih sehat, tentu lebih murah. Anda juga telah berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup. Memang, tidak semudah itu untuk langsung merealisasikan ide ini. Namun, Anda juga harus tau bahwa banyak di luar sana telah dimulai proyek kantor hijau. Maka dari itu, Anda bisa menjadi yang pertama di antara kawan-kawan Anda untuk membangun kantor dengan konsep daur ulang sampah seperti ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s