Mengubah Lingkungan Menjadi Lebih Nyaman

Banyak orang yang berusaha untuk mencari upaya pelestarian lingkungan yang sesuai dan bisa diikuti oleh banyak orang. Lingkungan yang sehat dapat ditemui jika anda dan orang – orang yang tinggal di sekitarnya mencoba untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Hal ini mutlak diperlukan karena banyak diantara daerah – daerah di Indonesia ini yang masih belum bisa mendapatkan lingkungan hidup yang aman dan sehat. Kita semua tahu ada banyak bencana yang bisa terjadi jika kita tidak menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan baik. Bencana alam yang membahayakan tersebut harus dihindari. Sebagai masyarakat yang baik, anda harus bisa melakukan pencegahan – pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi dampak dari bahaya yang mengancam ini. Cukup dengan memulai hal – hal kecil yang bisa mengurangi kemungkinan pencemaran lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, anda bisa mulai membantu menjaga keseimbangan alam sekitar. Membuang sampah sesuai dengan spesifikasinya juga sudah banyak digalakkan oleh pemerintah. Dengan memilah – milah sampah, anda bisa menjaga kebersihan lingkungan. Kebiasaan yang baik ini harus diperkenalkan kepada anak – anak sejak dini.

Tidak hanya masalah sampah yang menjadi hal yang harus diperhatikan. Pelestarian hutan hijau juga harus dilakukan agar kelangsungan hidup kita tetap terjaga. Saat ini banyak orang yang tidak memperhatikan tentang lingkungan dengan melakukan banyak penebangan liar yang menghancurkan hutan yang ada. Para pengusaha yang mengambil keuntungan dari hutan harus tetap memperhatikan tata cara yang benar seperti anjuran pemerintah. Banyak orang yang berkata bahwa hutan adalah paru – paru dunia yang harus dijaga kerimbunannya. Ruang hijau seperti hutan merupakan komponen penting yang harus selalu dirawat keberadaannya. Banyak bencana alam yang bisa terjadi jika keberadaan hutan yang hijau ini dihilangkan sedikit demi sedikit. Selain bencana seperti tanah longsor yang mudah terjadi, berkurangnya pohon yang memproduksi oksigen juga akan mengakibatkan suplai oksigen bersih di bumi menjadi lebih sedikit. Adapun cara untuk mengurangi kerusakan yang terjadi di hutan, penanaman kembali menjadi cara yang paling tepat. Dengan mengganti pohon yang sudah ditebang dengan pohon yang baru, jumlah oksigen yang dihasilkan juga akan tetap sama. Penghijauan kembali ini juga merupakan upaya pelestarian yang akan menjaga kesehatan lingkungan.

Bencana alam yang terjadi akibat penggundulan hutan sudah semakin sering terjadi. Bencana – bencana ini hendaknya jangan sampai terjadi. Dengan melestarikan lingkungan, anda akan bisa mengurangi resiko bencana yang mungkin akan terjadi. Tanah longsor menjadi salah satu contoh yang nyata dari bahaya hilangnya hutan yang hijau. Seperti yang kita semua tahu, hutan yang rimbun adalah penyangga alami yang kokoh untuk tanah yang ada di pegunungan. Karena itulah, saat pohon penyangga yang kokoh ini ditebang secara liar, tanah yang disokongnya akan runtuh dengan lebih mudah. Dengan turunnya hujan yang tidak terlalu deras, tanah yang biasa disokong ini tidak mustahil akan runtuh dan mengakibatkan bencana alam yang merugikan masyarakat di sekitarnya. Untuk menanggulangi semakin banyaknya penggundulan hutan ini, pemerintah berupaya memberikan pengarahan dan anjuran kepada pengusaha untuk selalu memperhatikan proses penebangan hutan agar sesuai dengan yang diperbolehkan. Aturan dan sanksi yang jelas telah dibuat untuk para pengusaha yang tidak mengindahkan himbauan dari pemerintah. Dengan menjaga kelestarian lingkungan di sekitar anda, anda akan bisa mendapatkan kehidupan yang lebih nyaman. Anda akan bisa mengubah lingkungan di sekitar anda menjadi lebih sehat dan lebih nyaman untuk ditinggali.

Advertisements

One thought on “Mengubah Lingkungan Menjadi Lebih Nyaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s