Konservasi, Jalan Menyelamatkan Lingkungan Dan Bumi

Penyelamatan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, tidak dimiliki individual, perusahaan, atau pun lembaga. Berbagai langkah yang ditempuh agar bisa menyelamatkan lingkungan, setidaknya dari ulah manusia sendiri. Salah satunya dengan konservasi yang merupakan salah satu usaha pelestarian atau perlindungan lingkungan. Konservasi merupakan kata serapan dari bahasa inggris Conservation, yang mempunyai arti sama yaitu pelestarian atau perlindungan. Makna konservasi lingkungan dalam undang – undang adalah pengelolaan lingkungan (sumber daya alam hayati) dan secara bijaksana dikelola untuk tetap mempunyai kesinambungan alam. Konservasi dimaksudkan untuk tetap menjaga persediaan sumber daya yang ada di alam dan memelihara keanekaragaman organisme atau mahkluk di alam semesta ini. Salah satu contoh yang merupakan konservasi lingkungan adalah taman nasional.

Upaya konservasi lingkungan merupakan langkah yang mempunyai dampak yang baru bisa dirasakan setelah dalam waktu yang lama, maka tidak heran jika upaya ini sering disepelekan, karena dewasa ini banyak upaya yang berbuah instan. Manfaat upaya konservasi ini sebenarnya bersifat jangka panjang, namun tidak banyak yang merasa sabar untuk melihat dampaknya. Efek nyata dari upaya konservasi ini misalnya mencegah banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan banyak lain yang sebenarnya merupakan sinyal dari alam yang sudah tidak seimbang. Seiring perkembangan jaman, dan bertambahnya manusia, lingkungan seharusnya dilestarikan bukan malah dihabiskan. Makna luas dari upaya konservasi sebenarnya ingin menjaga agar ekosistem tetap mempunyai rantai keberagaman sumber daya, dan hidup berdampingan, itu bagi orang yang percaya pada manfaat upaya konservasi.

Banyak orang yang masih percaya bahwa konservasi lingkungan mampu memberikan harapan bagi mahkluk hidup dalam ekosistem besar, bumi, akan tetap seimbang. Ada pun manfaat upaya konservasi ini dibedakan menjadi dua, yaitu manfaat secara langsung dan tidak langsung. Manfaat yang bisa dirasakan langsung dari upaya konservasi adalah memberi ruang yang lebih untuk masyarakat lokal. Kemudian masyarakat umum juga bisa mengambil manfaat kawasan konservasi, misalnya menjadikan kawasan ini sebagai tujuan penelitian, pengembangan pengetahuan dan pendidikan, tempat budidaya tanaman, hingga bisa dimanfaatkan sebagai kawasan wisata.

Jumlah penduduk yang bertambah banyak membuat kawasan konservasi semakin menciut, bahkan kadang menimbulkan konflik. Misalnya karena daerah yang dijadikan konservasi adalah daerah dengan resapan air yang kemudian banyak pihak dengan kepentingan ekonomi maupun politik lebih memilih untuk mengambil sumber daya yang ada dari pada melestarikan lingkungan. Kemudian, kebijakan yang dimiliki pemerintah, sejauh ini hanya ada undang – undang yang mengatur perlindungan dan pelestarian, tetapi hukum yang membatasi tindakan manusia dalam mengeksploitasi alam masih sangat jarang ditemukan. Toh, karena hukum juga merupakan produk buatan manusia. Tetapi, manusia membuat alam? Tidak bisa. Hal yang bisa dilakukan manusia adalah melestarikannya.

Sumber daya alam di habitat asli semakin menciut, hal tersebut akhirnya mendorong berbagai lembaga untuk terus mendukung konservasi lingkungan tetap digalakkan. Daerah yang masih asli habitatnya sangat cocok untuk dijadikan ruang konservasi. Misalnya, konservasi hutan hujan tropis di Indonesia. Banyak mahkluk yang hidupnya bergantung dari kelangsungan ritme hutan, tetapi jika pohon terus ditebang, maka di mana mahkluk yang selama ini bergantung pada hutan akan tinggal? Lagi, pelestarian lingkungan bukan hanya milik satu atau dua orang, tetapi milik bersama. Karena kita tinggal bersama di bumi ini, mengapa tidak saling berbagi tugas untuk menjaga kelestarian dan kesinambungan habitat seperti semula. Kesadaran dari semua pihak memang sangat diperlukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s