Komposing Sampah Rumah Tangga

Sampah rumah tangga dikenal sebagai sampah yang menjijikan, berbau, dan kotor. Sampah jenis ini biasanya adalah sisa-sisa makanan seperti kuah sayur, bekas buah, dan bahkan jeroan ikan, lemak ayam, dan sebagainya. Sampah jenis ini amat berbau apabila tidak segera dibuang. Terlebih lagi, lalat-lalat akan datang apabila ada sampah seperti ini di dalam rumah Anda. Tentu saja, ini membuat tidak nyaman. Banyak orang mengira bahwa ini adalah jenis sampah tidak berguna yang menyusahkan dan tidak dapat dikompos. Sesunguhnya, perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini telah terdapat alat canggih yang bisa mengompos sampah sepert ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan bau busuk yang ditimbulkan dan penyakit-penyakit yang mungkin timbul dari lalat-lalat. Alat ini juga akan melenyapkan masalah polusi yang terdapat dari sampah rumah tangga, karena perlu Anda ketahui sampah jenis ini mudah membusuk karena kadar airnya yang sangat tinggi.

Banyak orang berpikir bahwa mengolah sampah seperti ini akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Maka dari itu mereka tidak mau mempersoalkan sampah jenis ini dan hanya membuangnya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa telah terdapat komposter canggih yang efisien, hemat biaya, dan bisa dikategorikan simpel, untuk mengolah sampah rumah tangga. Sampah rumah tangga memang mengandung jenis-jenis bahan organik dan zat-zat tertentu yang terdapat dalam tiap jenis makanan. Bahan dan zat seperti ini pun bisa membusuk. Dengan alat ini, Anda bisa mendaur ulang berbagai zat dan bahan tersebut menjadi sesuatu yang bisa digunakan lagi. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Ini adalah jenis komposter aerobik yang memang dimaksudkan untuk mengolah sampah rumah tangga.

Alat ini mampu mengolah sampah rumah tangga seberapapun busuknya, baunya, atau bentuknya. Dengan kata lain, alat ini berguna untuk mengolah segala jenis sampah rumah tangga. Anda juga tidak perlu mencacah dan memilah-milah jenis sampah apa yang bisa dimasukkan ke dalam alat ini. Yang harus Anda lakukan hanyalah memasukkan segala jenis sampah basah di rumah Anda. Perlu Anda ketahui juga bahwa dengan alat ini, Anda tidak perlu mengaduk, menyiram, atau bahkan mengendalikan kadar air ke dalamnya. Bahkan tidak ada material tambahan yang perlu Anda tambahka ke dalam alat ini. Yang harus Anda lakukan hanyalah membiarkannya saja dan mengisi sampah baru setiap harinya. Sampai kira-kira satu minggu, sampah Anda telah berubah menjadi maggot. Anda bisa menggunakan maggot itu untuk pakan ayam, pakan ternak, pakan ikan, atau bahkan umpan memancing ikan.

Namun demikian, ada kelemahan yang dimiliki alat ini. Saat Anda membuka alat ini untuk menambahkan sampah baru, terdapat bau busuk yang menguar dari pembusukan sampah basah Anda di hari-hari kemarin. Maka dari itu Anda harus memasukkan sampah Anda cepat-cepat. Tak jarang bahkan ada sampah yang terjatuh dan tercecer karena Anda terlalu terburu-buru memasukkannya. Maka dari itu, amat disarankan bagi Anda untuk memakai masker apabila berniat untuk memasukkan sampah basah Anda ke dalam alat tersebut. Jangan lupa untuk menutup rapat-rapat alat ini. Perlu Anda ketahui bahwa tutup komposter ini terbuat dari isolator yang sangat baik, sehingga dapat mencegah bau yang timbul. Jangan kaget apabila Anda mendapatkan bahwa bentuk maggot itu tampak seperti ulat yang menggeliat-geliat. Memang tampak menjijikan, namun tetap saja sampah rumah tangga akan lebih berguna dalam bentuk seperti ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s