Hindari Bencana Dengan Menjaga Lingkungan

Lingkungan yang sehat akan memberikan perasaan nyaman untuk orang – orang yang ada di sekitarnya. Banyak orang yang merasa tidak nyaman saat ada masalah pencemaran lingkungan yang terjadi di sekitar mereka. Hidup di lingkungan yang sehat akan membuat anda semakin nyaman menjalani kehidupan sehari – hari. Lingkungan yang sehat dapat ditemui jika anda dan orang – orang yang tinggal di sekitarnya mencoba untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dan mampu memberikan perasaan nyaman untuk anda. Jika anda tidak menjaga kenyamanan dan keamanan lingkungan, banyak bahaya yang bisa terjadi. Sebagai masyarakat yang baik, anda harus bisa melakukan pencegahan – pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi dampak dari bahaya yang mengancam ini. Cukup dengan memulai hal – hal kecil yang bisa mengurangi kemungkinan pencemaran lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, anda bisa mulai membantu menjaga keseimbangan alam sekitar. Sampah yang menumpuk dan tidak dibuang pada tempatnya akan menjadi penyebab dari banjir dan bencana yang lain. Antisipasi sejak dini sangat diperlukan untuk mengontrol keamanan dan kenyamanan lingkungan dari bencana alam seperti banjir ini.

Pemerintah juga sudah turut andil dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dari lingkungan dengan cara memberikan sanksi kepada orang – orang yang tidak menjaga kebersihan lingkungan. Selain menyebabkan banjir, sampah yang dibuang sembarangan juga akan mencemari udara di sekitar kita. Polusi udara yang tidak sehat ini harus dihindari. Selain sampah, masalah lain yang saat ini harus juga diperhatikan oleh masyarakat adalah kasus penggundulan hutan yang semakin hari semakin marak. Walaupun sudah ada aturan dan sanksi yang jelas tentang tindakan melanggar hokum ini, banyak pengusaha yang tetap melanjutkan kegiatan yang merusak linkungan ini. Kegiatan ini akan memberikan dampak pencemaran lingkungan yang buruk untuk masyarakat disekitar daerah hutan. Hutan yang gundul tidak akan bisa menjadi penyokong dari dataran gunung yang tinggi. Tanah longsor menjadi salah satu contoh yang nyata dari bahaya hilangnya hutan yang hijau. Seperti yang kita semua tahu, hutan yang rimbun adalah penyangga alami yang kokoh untuk tanah yang ada di pegunungan. Inilah yang menjadikan hutan menjadi tempat yang harus dijaga kerimbunannya. Hutan yang rimbun juga bisa dijadikan sebagai penghasil oksigen yang baik.

Banyak orang yang berkata bahwa hutan adalah paru – paru dunia yang harus dijaga kerimbunannya. Ruang hijau seperti hutan merupakan komponen penting yang harus selalu dirawat keberadaannya. Banyak bencana alam yang bisa terjadi jika keberadaan hutan yang hijau ini dihilangkan sedikit demi sedikit. Selain bencana seperti tanah longsor yang mudah terjadi, berkurangnya pohon yang memproduksi oksigen juga akan mengakibatkan suplai oksigen bersih di bumi menjadi lebih sedikit. Sebenarnya menebang hutan diperbolehkan, namun dengan tata cara yang diperbolehkan. Ada tata cara yang harus diperhatikan jika anda ingin mengambil hasil hutan yang berupa kayu pohon. Penanaman kembali menjadi salah satu solusi dan cara yang tepat untuk meregenerasi pohon – pohon yang ada di hutan. Dengan menggantikan pohon yang ditebang dengan bibit pohon baru yang masih muda, pohon yang anda ambil akan bisa tergantikan dan hutan bisa tetap hijau dengan pohon yang rindang. Para pengusaha yang menggarap hutan harus selalu memperhatikan tentang keamanan lingkungan dengan mengikuti tata cara yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s