Daur Ulang Sampah dan Keunggulannya

Sampah, bagi sebagian orang, adalah hal yang kotor dan menjijikan. Dengan itu, kebanyakan orang tidak mau mengelolanya dengan benar. Sebetulnya, perlu Anda ketahui bahwa hal ini tidak melulu sesuatu yang kotor dan menjijikan. Anda bisa membuat sampah menjadi sesuatu yang berguna. Bahkan dengan itu, Anda bisa mendapatkan uang dari daur ulang sampah. Dengan mendaur ulang, Anda juga bisa menyelamatkan lingkungan. Anda bisa mendapatkan dua keuntungan mendasar dari mendaur ulang sampah. Apabila Anda adalah seseorang yang peduli lingkungan, daur ulang sampah adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tidak ada sampah yang menumpuk, tidak ada yang polusi yang mengganggu, tidak ada pencemaran lingkungan. Dengan ini, Anda bisa menyelamatkan lingkungan tempat Anda tinggal.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua sampah dapat didaur ulang. Apabila Anda ingin membuat sesuatu yang berguna, Anda harus bisa memilah-milah sampah. Jangan takut untuk membongkar kembali tempat sampah Anda. Apabila Anda tidak mau berkotor-kotor dengan sampah basah, yang harus Anda lalukan adalah memisahkan tempat sampah Anda. Anda bisa membuat 3 tempat sampah yang berbeda. Yang pertama khusus untuk sampah basah. Sampah basah adalah sampah bekas makanan atau masakan yang akan cepat berbau apabila Anda tidak segera membuangnya. Yang kedua adalah sampah plastik. Ini adalah jenis sampah yang mengandung plastik, seperti bekas botol minum, bekas kemasan makanan, atau sebagainya. Penting untuk Anda ketahui bahwa sampah plastik adalah sampah yang berbahaya apabila tidak didaur ulang dan dibuang seenaknya. Ini karena plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai di dalam tanah. Dengan ini, plastik bisa mencemari lingkungan. Yang ketiga adalah sampah selain sampah basah dan sampah plastik.

Yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan sampah plastik. Semua sampah yang terdapat di dalam tempat buangan khusus plastik bisa didaur ulang. Setelahnya, Anda juga harus mengecek sampah non plastik dan sampah kering di tempat sampah jenis ketiga. Dengan ini, Anda bisa menemukan material yang memang bisa didaur ulang, seperti serat, kertas, kayu, dan sebagainya. Apabila ada bahan-bahan yang tidak bisa didaur ulang, Anda bisa menyatukannya dengan sampah basah dan membuangnya. Cara daur ulang sampah plastik sebetulnya tidak sulit. Yang Anda butuhkan adalah kreatifitas. Ini berarti Anda harus memikirkan ide sekreatif mungkin. Sampah bekas botol minuman bisa Anda jadikan kap lampu, vas bunga, atau bahkan mainan anak. Anda harus menemukan ide yang kreatif untuk bisa membuat sampah daur ulang yang menarik. Ini penting karena tidak semua orang menganggap sampah adalah sesuatu yang menarik. Maka dari itu Anda harus menyulapnya menjadi sesuatu yang sama sekali baru.

Anda bisa menambahkan cat untuk memberi warna pada daur ulang yang Anda buat. Untuk cat, sesungguhnya tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan cat air atau cat minyak. Gunakan warna-warna yang menarik pada permukaan botol tersebut, tergantung dari benda apa yang Anda buat. Setelahnya, Anda bisa menambahkan akesori dan dekorasi untuk menambahkan bentuk pada benda yang Anda buat. Contohnya, Anda bisa menambahkan renda, karton, kardus yang telah dimodifikasi, atau apapun yang bisa membuat sampah daur ulang Anda terlihat cantik. Apabila Anda memiliki jiwa bisnis, Anda pun bisa menjual barang yang telah Anda buat dari daur ulang tadi. Dengan ini, Anda bisa yakin bahwa Anda telah berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan dengan mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang berguna dan bisa dipakai kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s