Ide Kreatif Daur Ulang Sampah Bohlam

Berton-ton sampah dibuang setiap hari di sekitar kita. Tanpa ada aksi nyata, niscaya timbunan sampah ini akan semakin membawa dampak buruk untuk lingkungan dan kehidupan kita. Sampah bola lampu, atau yang lebih dikenal bohlam, adalah salah satu jenis yang cukup sulit pengelolaannya karena kandungan bahan kimia yang cukup sulit terurai secara alami.

Dengan sedikit kreatifitas, sampah bohlam bias didaur ulang menjadi benda yang artistic dan berguna lho.  Berikut ini ide kreatif dan inspiratif daur ulang sampah bohlam yang sederhana dan patut dicoba di rumah.

1. Terarium Bohlam
Siapa sangka bola lampu pijar bulat bias menjadi terrarium yang unik dan menarik. Anda cukup memotong ujung bohlam yang sudah tidak terpakai dan mengeluarkan bagian dalamnya. Kemudian rapikan ujung-ujungnya agar tidak melukai tangan. Masukkan kerikil kecil, moss (sejenis lumut kering) ke dalam bohlam, dan tanaman sukulen favorit anda kedalamnya. Pasang kawat kecil sebagai alas dan semprot dengan sedikit air, maka terrarium bohlam anda sudah jadi.

2. Vas Bohlam Gantung
Tidak hanya unik dan menarik untuk dibuat terrarium bohlam bekas juga tidak kalah cantik jika dibuat vas gantung. Cukup keluarkan bagian inti lampu dan sisakan bagian kacanya. Ikat bohlam dengan kawat dan gantung ditempat yang anda inginkan. Isi air setengah penuh dan taruh tanaman air mini yang anda sukai, maka vas bohlam gantung siap menarik perhatian tamu yang berkunjung.

3. Aquarium Bohlam
Dengan bentuknya yang menarik, bola lampu dapat dengan mudah disulap menjadi akuarium mini yang cantik.  Keluarkan inti bohlam lalu isi dengan air. Masukkan ikan cupang atau ikan mini lainnya dan tempatkan di dudukan yang stabil. Agar tambah menarik, anda bisa menambahkan highlight dengan memasang lighting disekitar akuarium bohlam mini anda.

4. Hiasan Bohlam warna warni
Ambil beberapa bohlam yang sudah tidak terpakai dan buat dudukan memanjang. Semprot permukaan kaca bohlam dengan cat berwarna putih, lalu lapisi dengan cat dengan warna yang anda inginkan. Jika ingin, anda bias menambahkan akses glitter atau glossy ke bohlam-bohlam tersebut. Pasang didudukan dan tempatkan di tempat yang anda inginkan.

5. Kapal dalam Bohlam
Jika selama ini miniature kapal sering dimasukkan ke dalam botol, maka anda bisa mencoa membuat hiasan dengan memasukkan miniature kapal kedalam bohlam yang sudah terlebih dlu diisi dengan pasir hias.  Untuk dudukan bohlam, anda bisa memakai kawat atau kayu agar hasil kreasi anda lebih mudah dan cantik untuk dipajang.

6. Tempat Lilin Bohlam
Selain di daur-ulang menjadi terrarium, vas dan aquarium, bohlam juga sangat menarik dan unik jika dibuat debagai tempat lilin. Keluarkan bagian dalam bohlan dan bersikan bagian dalam hingga transparan. Buat dudukan sederhana dari kawat dan masukkan lilin kedalam celah dalam bohlam.

Selain ide-ide diatas, masih ada banyak sekali ide kreatif yang bisa anda coba. Kegiatan daur ulang ini tidak hanya seru dan menyenangkan untuk dilakukan, tetapi juga bermanfaat untuk mengurangi sampah limbah bola lampu. Jika memungkinkan, ajak anak-anak anda ikut serta agar semakin kreatif sekaligus peduli dengan lingkungan. Sampah berkurang, anda pun dapat mempercantik rumah secara mudah dan murah dari aktifitas daur ulang sampah bola lampu ini. Jadi tunggu apa lagi? Kumpulkan bola lampu dan tuangkan ide kreatif anda dengan ide-ide daur ulang daiatas.

2 thoughts on “Ide Kreatif Daur Ulang Sampah Bohlam

  1. irvan March 19, 2013 / 07:59

    kreasinya bagus2 gan., cuma kurang gambarnya biar lebih menarik.,
    tapi keren kok saya mau coba

    • jujubandung March 19, 2013 / 10:21

      thaks ya, nanti mau di tambahin gambarnya..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s