Ide Inspiratif Daur Ulang Sampah Botol Kaca

Coba lihat sekeliling anda! Ada berapa banyak botol kaca terbuang sia-sia? Mungkin di tiap rumah, ada lebih dari 10 botol kaca bekas yang tidak terpakai. Jika dikalikan jumlah keluarga di Indoensia, maka hasilnya akan mencengangkan. Memang botol-botol kaca ini dapat didaur ulang untuk membuat kaca baru. Tetapi, jika anda ingin sedikit berkreasi dengan botol-botol kaca ini, maka tidak ada salahnya untuk menengok beberapa ide kreatif daur ulang sampah botol kaca yang kami kumpulkan berikut ini.

Tempat Lilin Botol Kaca
Jika anda suka dengan suasana yang hangat dan romantik, anda bisa membuat tempat lilin yang sederhana dan cantik dari botol kaca bekas. Caranya sangat mudah. Cukup bersihkan botol kaca bekas yang anda inginkan. Hias bagian luar dengan cat minyak atau mudahnya dengan stiker, kemudian letakkan lilin budar kedalam botol. Mudah dan murah, bukan?

Wadah Perangkat Kerajinan
Jika anda hobi membuat barang kerajinan, pasti banyak pernak-pernik kecil seperti manik-manik, kancing dan sebagainya yang perlu ditempatkan secara rapi. Tidak perlu membeli kotak khusus untuk wadah pernak-pernik kecil ini karena anda bisa langsung memakai botol kaca bekas anda sebagai wadah. Langkah reuse ini sangat mudah dan cocok juga untuk menyimpan rempah-rempah dan bibit bunga atau tanaman untuk taman anda.

Bungkus kado Cantik
Membungkus kado berupa boneka atau baju dengan kertas kado atau karton sudah biasa. Tetapi jika anda menggunakan botol bekas sebagai pembungkus kado, pasti akan terasa lebih berkesan. Untuk baju, lipat seperti biasa, lalu gulung melingkar, lalu masukkan kedalam botol yang ukurannya sesuai. Hiasi bagian luar dengan pita dan glitter, maka kado cantik anda sudah siap. Sangat simple, tapi manis dan menarik.

Tempat bekal
Jika biasanya tempat bekal terbuat dari wadah plastik, tidak ada salahnya memakai botol kaca bekas selai sebagai tempat bekal. Isi dengan oatmeal dan buah-buahan kering. Saat akan disantap, cukup siram air panas dan makanan sehat anda bisa dinikmati seketika. Sederhana namun aplikatif, bukan?

Selain ide-ide menarik diatas, anda bisa bebas berkreasi dengan botol kaca. Jika jiwa wirausaha anda besar, anda bisa menjual hasil kerajinan anda ke teman-teman dekat atau di toko online. Di situs seperti Etsy, ada banyak sekali orang yang berlomba membuat kerajinan yang unik dan menarik untuk menghasilkan uang.

Meski berkreasi dengan botol kaca cukup mudah, namun banyak orang mengeluhkan susahnya membersihkan botol dari noda dan bau isi botol tersebut.  Sebenarnya, membersihkan dan melepaskan label di botol kaca cukup mudah, hanya saja perlu sedikit teknik. Bersihkan sampah botol kaca di air hangat yang dicampur dengan sabun. Bila perlu, rendam beberapa jam untuk meluruhkan label kertasnya. Gosok perlahan dengan spons kasar dan bilas dengan air hangat dicampur baking soda atau cuka asam jika bau yang menempel belum hilang. Setelah itu, keringkan dengan lap bersih. Setelah mengikuti langkah ini, dijamin botol kaca bekas anda siap dikreasikan sesuka hati.

Reuse dan recycle botol kaca dirumah anda secara tidak langsung mengurangi jumlah timbunan sampah disekitar anda. Jika semakin banyak orang melaukan langkah 3R, niscaya masalah sampah dapat sedikit berkurang. Bila secara kolektif dilakukan, bukan tidak mungkin masalah sampah dapat ditekan serendah-rendahnya. Akhirnya, selamat berkreasi dengan sampah botol kaca bekas!

Advertisements

One thought on “Ide Inspiratif Daur Ulang Sampah Botol Kaca

  1. raditya November 25, 2013 / 11:17

    ckp kreati. Cm,sampah yg di daur ulang jd cindramata (misal). Jk sdh rusak itu kan jd sampah?apa di daur ulang lg?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s