Sampah, Tidak Kenal Maka Tidak Punya Manfaat

Sampah. Siapa yang tidak kenal dengan istilah sampah? Beberapa hal yang pertama ada di pikiran setelah mendengar kata tersebut adalah setumpuk barang atau limbah yang mempunyai bau busuk, dikerubuti lalat, jamur, belatung, dan sebagainya. Sampah lebih cenderung diartikan sebagai akhir dari suatu proses. Tetapi menumpuknya sampah atau limbah toh malah memunculkan mahkluk baru yang mengurai sampah tersebut. Sampah sendiri merupakan istilah atau konsep yang dibuat manusia. Di dalam rantai makanan di ekosistem mana pun, tidak ada istilah sampah, karena akan selalu muncul predator baru yang berulang. Dahulu, sampah tidak menumpuk karena rantai makanan masih seimbang dan organisme pendaur ulang tidak terlalu bekerja keras. Dewasa ini, seiring perkembangan jumlah manusia, mengakibatkan meningkatnya volume sampah, serta kacaunya rantai makanan yang disebabkan manusia, kemudian berdampak pada kinerja organisme pendaur ulang.

Sampah menurut sifatnya, dibagi menjadi : sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang bisa didaur ulang dan dapat terurai dengan tanah melalui proses rantai makanan. Contohnya : dedaunan, ranting, makanan, dan lainnya. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat didaur ulang, atau tidak dapat terurai. Contohnya : plastik, karet, botol kaca, kaleng, dan lainnya. Sampah berdasarkan sumbernya dibagi menjadi sampah manusia, sampah alam, sampah industri. Sampah manusia adalah sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia, misalnya limbah makanan, pemakaian alat kebutuhan dasar, dan lain – lain. Sampah alam adalah sampah yang dihasilkan alam, misalnya dedaunan yang gugur atau kotoran hewan. Sampah industri adalah sampah yang dihasilkan dari kegiatan pertambangan, dan lain – lain. Sayangnya, produksi sampah tidak sebanding dengan pengurangan sampah. Tidak banyak orang yang tertarik melakukan kegiatan pemanfaatan sampah. Padahal, ada banyak permasalahan baik secara langsung mau pun tidak langsung yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang berlebihan. Polusi. Adalah salah satu akibat nyata dan secara langsung dirasakan masyarakat. Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam rangka pemanfaatan sampah.

Reduce (Kurangi). Mengurangi kebiasaan untuk memakai barang yang tidak bisa didaur ulang. Misalnya, berbelanja dengan menggunakan kantong plastik, bisa dikurangi dengan membawa kantong plastik sendiri dari rumah. Reuse (Pakai Lagi). Hindari pemakaian barang yang hanya sekali – pakai. Pilih barang yang bisa dipakai untuk berkali – kali. Menggunakan kembali barang akan mengurangi penumpukan sampah atau setidaknya memperlambat laju sampah. Recycle (Daur Ulang). Mengubah sampah menjadi produk yang baru, seperti mengolah kertas atau plastik menjadi barang baru. Plastik misalnya, didaur ulang menjadi hiasan lampu. Saat ini, sudah banyak industri berskala kecil yang melakukan pemanfaatan sampah seperti ini. Replace (Ganti). Gantilah barang yang tidak bisa didaur ulang dengan barang yang lebih tahan lama jika dipakai berulang – ulang. Misalnya, ganti kebiasaan memakai styrofoam dengan barang yang berbahan plastik tetapi bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Composting (Buat Kompos). Ketika proses alami tidak bisa berjalan lancar maka pembuatan kompos bida diusahakan untuk membuat proses ekosistem tetap berjalan lancar. Misalnya mendaur ulang materi yang yang bisa diolah unsur hara sehingga bisa menjadi kompos.

Alam menyediakan banyak sumber daya untuk bisa dimanfaatkan. Termasuk sampah, yang sebenarnya adalah istilah buatan manusia, maka pemanfaatan sampah bisa dilakukan agar bisa menyelamatkan lingkungan. Hal yang penting diingat adalah pemanfaatan sampah lebih baik daripada membakar sampah. Karena membakar sampah hanya akan menambah sampah baru yang justru malah tidak dapat didaur ulang, selamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s