Mesin Pengolah Sampah sebagai Solusi dari Permasalahan Sampah yang Menumpuk

Mesin pengolah sampah sangatlah dibutuhkan akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan karena sampah telah menjadi sebuah masalah lama yang tak pernah kunjung ditemukan bagaimana solusi untuk mengatasi penumpukan sampah di berbagai tempat pembuangan sampah. Yah, memang umum sekali jika setiap orang menemukan bahwa sampah telah menggunung di tempat pembuangannya, namun bagi kota-kota besar seperti di Jakarta, Surabaya, Semarang, maupun kota-kota besar lainnya yang ada di Indonesia juga tak pernah lepas dari masalah ini, para penduduk kota-kota tersebut pasti juga menemukan masalah yang serups di berbagai sungai, lahan kosong, bahkan bendungan atau waduk. Beberapa sumber daya alam tersebut yang tersedia menjadi tak berfungsi lagi dikarenakan ulah dari pihak-pihak yang tak bertanggungjawab yang hanya bisa membuang sampah di tempat-tempat tersebut dan menjadikannya menjadi sebuah masalah.

Fenomena yang telah digambarkan diatas memanglah harus dijawab dan diselesaikan dengan keberadaan mesin pengolah sampah. Bagi para pengusaha besar, pastinya mereka tidak pernah terpikir tentang bagaimana dengan keberadaan sampah tersebut. Maka dari itulah, berbagai pihak yang peduli akan lingkungan harus beramai-ramai menyelesaikan permasalahan ini bersama-sama. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa mendukung kinerja mesin tersebut.

1. Jika Anda memiliki sampah kering, pisahkanlah dari sampah basah

Yang dimaksud dengan sampah kering adalah sampah-sampah yang kering yang tidak mengandung air. Ketika Anda menemukan sampah tersebut di halaman Anda, Anda cukup menguburnya di dekat pohon-pohon besar yang bertujuan untuk memberikan pupuk alami. Sampah semacam ini tidak perlu diolah lagi dengan mesinyang mampu mengolah sampah. Sama halnya dengan batang-batang pohon besar yang biasanya menjadi masalah ketika musim hujan yang disertai angin kencang telah datang di Indonesia. Batang-batang tersebut akn menghalangi lalu lintas dan biasanya membuat kewalahan para petugas kebersihan. Kebanyakan solusi yang muncul adalah dengan menggunakan mesin potong lalu membuangnya, padahal hal ini malah akan menambah jumlah sampah di tempat penampungan.

Hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan adalah dengan mengolahnya lebih lanjut dengan menjadikannya sebagai kerajinan tangan atau sesuatu yang lebih menjual. Kreativitas Anda bisa Anda gunakan di dalam kasus seperti ini. Kemudian, bagi sampah basah, Anda bisa langsung memasukannya ke dalam mesin pengolah sehingga kinerjanya akan semakin mudah dan sekaligus Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya.

2. Sampah plastik pun bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan

Ketika Anda bertemu dengan sampah plastik yang bertebaran dimana-mana, mesin pengolah sampah inilah yang akan menjadi jalan keluar untuk mengatasi masalah seperti ini. Seperti yang pada umumnya diketahui oleh banyak orang bahwa plastik tidak akan mudah diurai oleh bakteri pengurai sampah yang ada di dalam tanah karena komposisinya yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk meleburkannya, mesin ini akan mengubahnya menjadi bentuk yang lebih mudah untuk disimpan dan bahkan bisa menjadi bahan yang bisa digunakan di lain waktu.

Setelah menjadi bentuk yang lebih mudah untuk disimpan, pastinya kreatifitas harus dioptimalkan sehingga plastik pun bisa menjadi barang yang menguntungkan. Anda bisa membuatnya menjadi tas atau berbagai bentuk lain yang akan mampu menghasilkan nilai jual yang akan menambah penghasilan Anda.

Mesin pengolah sampah memang harus difungsikan untuk saat ini. Ketika Anda mendapati bahwa sampah memang menjadi momok yang harus segera diberantas, Anda harus cepat-cepat mengambil langkah di depan dan tak pernah mencoba untuk menyerah. Anda harus menjadi generasi yang membuat bangsa ini bangga dan tak pernah menyesal untuk memiliki seorang warga negara seperti Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s