Masalah Sampah di Indonesia

Indonesia adalah negara yang besar yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang besar. Hal ini adalah fakta yang tentu tidak bisa dipungkiri. Akan tetapi, kekayaan alam dan jumlah penduduk yang besar tersebut pada kenyataannya tidak mampu membuat Indonesia menjadi negara yang sejahtera di segala bidang karena memang masih ada banyak masalah yang menaungi negara ini. Dengan jumlah penduduk yang besar, ada satu masalah yang mungkin masih dianggap sepele oleh banyak orang dan dianggap bukan masalah besar sehingga tidak mendapatkan perhatian yang mencukupi. Sampah oleh banyak orang dianggap hal yang sangat sepele, tetapi hal yang dianggap sepele ini rupanya ibarat bom waktu yang dapat menjadi masalah pelik yang sedikit demi sedikit mulai menampakkan akibatnya kepada masyarakat luas. Tidak mustahil jika masalah sampah tidak dikelola dengan baik, dalam waktu beberapa tahun ke depan masyarakat Indonesia akan tinggal dengan sampah karena tempat penampungan sampah tidak akan cukup lagi menampung semua sampah baik hasil industri maupun sampah rumah tangga. Pemerintah tentu perlu mengkaji ulang kebijakan tentang sampah dan pengolahannya, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa kesadaran masyarakat tentang sampah di Indonesia masih sangat minim dan hal ini kian diperparah dengan pembiaran yang dilakukan pemerintah terhadap sistem pengelolaan sampah dalam masyarakat.

Sudah menjadi hal umum bahwa bagi banyak rumah tangga, hal yang terpenting dalam mengelola sampah adalah memastikan bahwa sampah tersebut tidak terlihat dan tidak menenuhi rumah maupun area tempat tinggal. Dalam hal ini mereka menyadari bahwa sampah membawa dampak negatif bagi rumah tangga apabila tidak segera disingkirkan dari lingkungan rumah. Sampah bisa menyebabkan penyakit dan tentu sampah akan memberikan dampak buruk bagi keindahan rumah dan tentu sampah identik dengan bau yang tidak sedap. Namun demikian, sekedar menyingkirkan sampah dari rumah memang pemahaman dangkal yang selama ini diamini oleh banyak orang Indonesia. Sampah disingkirkan dari rumah untuk dipindahkan ke tempat penampungan sampah misalnya dan hal ini merupakan sistem pengelolaan sampah di indonesia yang umum dilakukan di berbagai tempat. Parahnya di tempat penampungan sampah, sampah tersebut tidak dikelola dengan baik sehingga terjadi penumpukan sampah yang tentu akan membawa dampak bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat sekitar tentunya. Di samping itu, masih banyak sampah yang masih dibuang tidak pada tempatnya dalam hal ini tempat pembuangan sampah. Sampah-sampah tersebut masih banyak yang berakhir di dungai, danau, rawa-rawa, maupun laut dan hal ini membawa dampak langsung bagi ekosistem wilayah itu sendiri. Kesadaran masyarakat mengenai sampah masih perlu ditingkatkan dengan berbagai cara dan tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini perlu upaya besar dari pemerintah apalagi dengan minimnya fasilitas pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir misalnya.

Satu hal yang perlu dipahami oleh masyarakat Indonesia pada umumya adalah sampah bukan berarti barang yang tidak bernilai sama sekali karena diawali dengan pemilahan sampah dengan benar, hal ini akan membuat sampah mempunyai nilai dan kegunaan sesuai dengan jenis sampah tersebut. Beberapa jenis sampah misalnya sampah plastik dan sampah besi masih bisa dijual kembali dengan jumlah uang yang cukup lumayan dibandingkan dengan dibuang begitu saja. Sampah organik yang berupa sisa sayur atau bahan masakan dalam rumah tangga bisa dikumpulkan dan dibuat pupuk kompos yang bisa digunakan sendiri maupun dijual. Di tengah minimnya kesadaran masyarakat mengenai sampah di indonesia, rupanya masih ada pula segelintir orang yang mau memanfaatkan sampah jenis tertentu untuk membuat kerajinan tangan yang tentu akan lebih bernilai.

Advertisements

One thought on “Masalah Sampah di Indonesia

  1. salikun November 10, 2012 / 07:12

    Mari kita tengok,pd sampah apakah yg selama ini tdk teratasi,sulit diatasi shg.menimbulkan permasalahan.Adalah sampah yg sama skali tdk dpt dimanfaatkan yg kondisinya basah busuk berbau yg menjijikkan,siapapun TIDAK AKAN MAU mengurus sampah-2 yg demikian,yg akibatnya sangat mengganggu skali.Mhn.maaf sblm.nya,kalo sampah yg masih bisa dimanfaatkan sy rasa tdk diusik sdh teratasi dgn.sendirinya kan gitu.Temuan sy adalah cara dan alat memusnahkan sampah-2 yg sama skali tdk dpt dimanfaatkan tsb.dgn.cara mudah tanpa bhn bakar apapun sampah yg demikian bisa dibakar jadi abu,yg selanjutnya bisa dimanfaatkan.Bl.berkenan(buka)http://teknologitpa.blogspot.com atau tungkusampah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s