Bahaya Laten Sampah Plastik

Sebagai masyarakat modern, produktivitas merupakan hal yang menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia termasuk manusia Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mencapai produktivitas tertentu, seseorang harus memastikan bahwa segala hal yang terlibat dalam aktivitas tersebut mempunyai kemampuan untuk meningkatkan efisiensi dan nilai. Untuk mencapai tujuan ini, masyarakat modern telah didukung oleh teknologi yang telah menyediakan berbagai macam hal termasuk hal yang paling kecil dan sederhana seperti plastik yang digunakan untuk membungkus berbagai macam produk dan digunakan sebagai tempat belanjaan misalnya. Ada berbagai macam plastik kemasan yang mungkin sudah bukan hal asing lagi bagi banyak orang Indonesia termasuk di dalamnya wadah plastik yang sudah pasti menjadi pilihan bagi banyak penjual sebagai tempat untuk menampung barang yang dibeli pelanggan. Wadah plastik kresek misalnya sudah merupakan hal umum yang ditemui di berbagai tempat baik di pinggir jalan atau bahkan di supermarket besar yang kini bertebaran di banyak kota besar. Penggunaan tas plastik sendiri rupanya berlebihan terutama di kultur masyarakat Indonesia sendiri karena terkadang tidak hanya satu tas plastik yang digunakan melainkan dua atau bahkan tiga tas plastik yang digunakan sekaligus dalam satu kali pembelian. Bayangkan saja berapa banyak sampah plastik yang dikumpulkan oleh setiap orang jika setiap hari seseorang melakukan transaksi pembelian sebanyak beberapa kali.

Penggunaan plastik sebagai pembungkus dan tas sebenarnya mempunyai fungsi yang sesuai dengan prinsip produktivitas masyarakat modern. Plastik sangat berguna di dunia industri baik industri besar maupun rumahan karena plastik akan membantu memperpanjang umur produk karena meskipun produk sudah ditempatkan dalam kotak kardus misalnya, tanpa dibungkus dengan lapisan plastik, produk tersebut akan sangat rawan rusak akibat air, jamur dan udara lembab yang tentu akan merugikan jika ditinjau secara bisnis. Plastik pada dasarnya memang mempunyai sifat tahan terhadap cairan dan berbagai serangan mikroorganisme. Selain itu, sifat plastik yang berkilau di satu sisi memberikan efek menarik bagi kemasan produk yang tentunya akan membuat pembeli lebih tertarik terhadap produk tersebut. Plastik juga mempunyai tekstur yang cukup liat sehingga kuat dan sifat ini dimanfaatkan sebagai wadah barang bawaan dalam bentuk tas plastik. Rupanya kepraktisan plastik juga dimanfaatkan untuk membungkus berbagai macam produk makanan dan minuman. Namun, segala manfaat plastik bukan berarti tidak memberikan efek buruk paling tidak untuk lingkungan karena sifat plastik yang liat dan tahan terhadap air serta serangan mikroorganisme membuatnya sulit diuraikan oleh bakteri pengurai saat plastik tersebut sudah dianggap sebagai sampah. Sekian banyak sampah plastik yang dihasilkan setiap hari sejak pertama kali plastik ditemukan dan belum tentu sampah plastik pertama di dunia sudah terurai dengan baik oleh proses alami.

Sudah dapat dipastikan bahwa sampah plastik memang menyimpan bahaya yang besar yang tidak hanya akan ditemui di masa depan melainkan sebenarnya bahaya tersebut sedikit demi sedikit sudah mulai menghinggapi kehidupan masyarkat modern saat ini. Penumpukan sampah yang kian menggila akibat plastik yang sulit terurai membuat bumi terancam oleh gunungan sampah dalam waktu dekat. Banjir sudah menjadi hal lumrah di berbagai tempat akibat sungai yang tersumbat oleh sampah termasuk plastik. Banyak hewan dan tumbuhan yang mati akibat keracunan plastik. Kini, masyarakat pun harus berkutat dengan sulitnya hidup akibat harga BBM yang melonjak sementara plastik sendiri terbuat dari minyak bumi. Sudah saatnya masyarakat sadar untuk mengurangi konsumsi plastik sebelum terlambat.

2 thoughts on “Bahaya Laten Sampah Plastik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s