Waspada Sampah Anorganik

Jika seseorang masih hidup sebagai manusia dan melakukan berbagai macam aktivitas dalam hidupnya, sudah menjadi hal lumrah bahwa orang tersebut akan menghasilkan sampah yang dapat berupa berbagai macam hal. Segala kegiatan yang berdasar dari aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup akan mengahasilkan berbagai macam jenis sampah tentunya. Sampah sendiri pada dasarnya terdiri dari dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik merupakan jenis sampah yang akan mudah terurai secara alami oleh organisme pengurai yang secara alami ada di dalam tanah misalnya. Sampah organik dapat berupa makan sisa, sisa sayur, maupun segala sesuatu yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Berbeda dengan sampah organik, sampah anorganik adalah jenis sampah yang tidak bisa diuraikan secara alami oleh organisme pengurai atau jika mungkin terurai, organisme pengurai akan memerlukan waktu yang sangat lama hingga mencapai ribuan tahun agar sampah jenis ini terurai dengan sempurna melalui proses alam. Sampah plastik atau metal merupakan sampah yang sulit terurai secara alami dan rupanya dalam kehidupan masyarakat modern, sampan jenis ini kian hari kian bertambah apalagi dengan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai sistem pengelolaan sampah yang baik sejak awal ketika sampah tersebut masih berada di sumbernya baik rumah tangga maupun industri.

Masyarakat pada umumnya masih bertahan dengan sistem pengolahan sampah tradisional yang mengandalkan proses alam untuk menyelesaikan masalah sampah yang diproduksi oleh manusia. Sistem pengelolaan sampah semacam ini tentu akan sangat berguna jika memang manusia hanya memproduksi sampah organik yang secara alami memang mudah terurai. Akan tetapi, hal ini tidak mungkin terjadi di tengah kehidupan masyarakat modern yang akrab dengan berbagai macam produk teknologi yang praktis dan canggih yang kemudian akan menghasilkan sampah anorganik. Ketika sampah yang sulit diuraikan secara alami yang rupanya kian mendominasi produksi sampah masyarakat masih diolah dengan sistem tradisional, sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada hasil yang berarti yang terjadi dan justru hal tersebut membawa dampak buruk baik terhadap alam dan lingkungan maupun terhadap kehidupan manusia. Dengan maraknya sampah yang sulit diuraikan dengan proses alami, sudah selayaknya masyarakat tidak lagi mengandalkan sistem pengolahan sampah tradisional dan beralih ke sistem pengolahan sampah modern yang sesuai dengan jenis sampah yang dihasilkan oleh masyarakat modern tentunya. Hal ini yang masih terganjal pelaksanaannya terutama di Indonesia karena sistem pengolahan sampah modern akan memerlukan banyak uang untuk instalasinya sementara kita tidak bisa membayangkan akan ada berapa banyak instalasi pengolahan sampah yang harus dibangun di seluruh Indonesia. Pemerintah tentu harus turut ambil bagian dalam usaha ini meskipun untuk membangun instalasi pengolahan sampah secara menyeluruh akan memerlukan waktu yang cukup lama mengingat jumlah uang yang cukup besar yang diperlukan.

Di lain pihak, masyarakat sendiri perlu aktif dalam usaha pengolahan sampah karena lingkungan dan kehidupan mereka juga akan mendapat pengaruh besar jika sampah tidak dikelola dengan baik sejak saat ini. Keberadaan bank sampah merupakan salah satu peran aktif masyarakat dalam usaha pengelolaan sampah yang ramah lingkungan yang rupanya juga memberikan manfaat tambahan bagi masyarakat. Beberapa jenis sampah anorganik masih mempunyai nilai jual dan nilai guna yang menjadi sasaran dari bank sampah itu sendiri. Untuk mendapatkan nilai dari sampah tersebut, tentu masyarakat perlu mempunyai pengetahuan lebih dalam memilah sampah baik organik maupun anorganik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s