Langkah Tepat untuk Mendaur Ulang Sampah Elektronik

Sampah elektronik seharusnya tidak dibuang karena masih bisa dimanfaatkan kembali. Perangkat elektronik adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan teknologi ini sangat membantu aktivitas dan pekerjaan kita. Tanpa bantuannya, kita mungkin harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk bekerja. Namun, barang elektronik rusak yang sudah tidak bisa dipakai lagi seharusnya tetap mendatangkan manfaat. Unsur logam adalah bahan baku komponen elektronik dan logam tersebut bisa digunakan kembali atau dijual dengan harga yang cukup menguntungkan. Anda bisa mengubahnya menjadi produk baru dengan proses daur ulang yang mudah. Sampah elektronik adalah peluang bisnis yang cukup menjanjikan selama Anda bisa menekuninya secara serius.

Mengapa Anda perlu peduli terhadap keberadaan sampah elektronik ini? Perangkat elektronik sangat dekat dengan kehidupan manusia modern. Manusia tidak bisa lepas dari perangkat ini karena modernitas sendiri didukung oleh keberadaan perangkat elektronik. Jumlah pengguna perangkat ini semakin bertambah setiap hari dan permintaan pasar juga semakin meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup konsumen. Akibatnya, sampah elektronik pun semakin menumpuk ketika perangkat tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali. Jika sampah tersebut hanya dibiarkan menumpuk di tempat penampungan sampah, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. Sampah harus dikelola menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Anda bisa memanfaatkan komponen di dalamnya dan menggunakannya untuk membuat produk baru. Sangat disayangkan jika komponen yang masih berguna tersebut harus dibakar di tempat penampungan sampah. Daur ulang adalah cara paling cerdas untuk mengelolanya.

Di dalam setiap perangkat elektronik, Anda bisa menemukan komponen yang terbuat dari emas. Emas adalah salah satu konduktor yang terbaik dan logam ini bisa ditemukan dengan mudah dalam processor, harddisk, atau PCB. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan tenaga untuk mengolah komponen tersebut menjadi emas. Metode sederhana juga bisa diterapkan untuk mendapatkan logam mulia dari sampah elektronik. Siapapun bisa menerapkan cara ini untuk mendapatkan butiran emas berharga dari komponen elektronik bekas. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah air raksa, asam nitrat, serta kain parasit. Setelah semuanya tersedia, masukkan komponen ke gelas kaca yang berisi asam nitrit. Tunggulah sampai cairan tersebut menjadi hijau. Siapkan kain parasit untuk menyaring cairan tersebut. Serbuk emas akan menempel pada kain yang Anda gunakan. Untuk menyatukan serbuk tersebut, gunakanlah air raksa. Tuangkan air raksa di atas kain dan goyangkan kain tersebut sampai serpihannya menyatu. Setelah itu, peraslah air raksa sampai Anda mendapatkan serbuk putih. Pembakaran adalah langkah terakhir yang harus Anda lakukan. Dengan suhu tinggi, bakarlah serbuk putih tersebut hingga menjadi emas padat. Metode sederhana ini bisa membantu Anda mendapatkan butiran emas yang mempunyai harga jual tinggi. Selain itu, masih banyak logam lain yang bisa Anda manfaatkan dari sampah elektronik. Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari sampah elektronik yang telah Anda gunakan. Membuangnya ke tempat penampungan sampah bukanlah kebijakan yang tepat.

Jika Anda bisa mendapatkan emas dari sampah elektronik, Anda tentu bisa mengolah sampah ini menjadi sesuatu yang mempunyai harga jual lebih tinggi. Ada banyak cara untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang berharga dan bermanfaat. Oleh karena itu, Anda tidak seharusnya memperlakukan sampah sebagai buangan. Sampah bisa menjadi aset berharga bagi sebuah bisnis jika bisa dikelola dengan baik. Sampah bisa berubah menjadi emas dengan pengelolaan yang tepat dan efektif.

Advertisements

One thought on “Langkah Tepat untuk Mendaur Ulang Sampah Elektronik

  1. deva November 14, 2012 / 14:12

    gimana perbandingan campuran bahan,trus toko apa yg menyediakan bahan tersbut.apa anda pernah menguji coba artikel di atas???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s