Cara Menulis Kritikan Terhadap Lembaga Kursus

Proses belajar-mengajar pada lembaga-lembaga kursus mulai dari tingkat sekolah sampai tingkat perkuliahan terus-menerus disempurnakan untuk melayani kebutuhan akademik siswa. Salah satu cara sekolah, guru, dosen, dan staff administrasi mencapai hal ini adalah dengan memberikan kritikan. Cara untuk melakukan hal ini bisa berbentuk apa saja, salah satu contohnya adalah dengan memberikan polling ataupun quistioner berisi tentang proses belajar mengajar baik sarana maupun prasarana yang ada kepada siswa setelah kursus selesai. Berikut ini adalah salah satu contohnya diberikan dalam 5 langkah singkat.

[1]. Dapatkan silabus kursus.
Silabus menguraikan apa saja yang harus diajarkan dalam selang waktu pengajaran baik itu materi untuk dilaksanakan maupun penggunaan kriteria penilaian. Anda dapat menggunakan silabus untuk menentukan apakah jalannya proses belajar mengajar sesuai dengan tuntunan di awal sebagai panduan.

[2]. Buatlah outline dengan bagian utama terdiri dari aspek-aspek kursus.
Bagian ini harus terdiri dari staff pengajar baik itu guru maupun dosen, materi-materi seperti buku wajib maupun handout, diskusi-diskusi, pekerjaan rumah, ujian,dan sistem penilaian.

[3]. Buat sub bagian dari setiap bagian utama untuk membahas hal-hal lebih spesifik.
Misalnya di bagian guru atau dosen masukkan bagian pengetahuannya tentang materi ajaran, kemampuan untuk mengajar, kehadiran, dan apakah dia dihormati. Di bawah bagian diskusi, masukkan poin apakah kelas tetap pada topik pengajaran selama diskusi dan apakah diskusi dijalankan secara baik dan dan dapat memberikan manfaat terhadap peserta.

[4]. Tulislah draft kritik merujuk pada outline.
Buatlah dengan singkat dan akurat. jangan biarkan emosi mempengaruhi kritik Anda. Tujuan utama memberikan kritik adalah penilaian objektif terhadap proses kursus tersebut. Jika Anda membiarkan emosi mempengaruhi laporan kritik Anda maka laporan tersebut akan menjadi tidak akurat dan menjadi kritikan tidak berarti. Tambahkan juga berbagai macam contoh melalui kritikan Anda untuk membuat pembaca lebih mengerti terhadap topik tersebut.

[5]. Evaluasi kritikan Anda
Berikan waktu satu atau dua hari untuk berpikir dan lebih menyempurnakan hasil tulisan Anda Sebelum memberikan kritikan Anda. Lihatlah silabus lagi ketika memperbaiki hasil yang sudah Anda kerjakan. Editlah hasil rancangan Anda untuk typos dan akurasi. Jika Anda tidak mahir sebagai editor, manfaatkanlah orang lain untuk mengecheck semua yang sudah anda tuliskan untuk lebih menyempurnakan lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s