Cara Menulis Makalah Kritik

Makalah kritik adalah makalah dimana agan menganalisa dan mengevaluasi tulisan orang lain. Untuk membuat jenis tulisan ini dibutuhkan studi detail dan mendalam hal yang akan dikritik, menganalisa bukti, opini, data, kesimpulan dan logika penulisan. Setelah agan merumuskan argumen-argumen untuk menyanggah hasil orang lain tersebut kemudian tuangkan argumen-argumen tersebut kedalam makalah dan mulailah dengan pendahuluan. Untuk menarik minat orang lain untuk membaca makalah agan maka dibutuhkan pendahuluan yang benar, efektif, dan menarik. ketika pendahuluan ditulis secara benar maka pembaca akan mudah mengerti terhadap bahan yang akan dipaparkan oleh agan baik itu isinya, tentang penulis, maupun kesimpulan umum dari tulisan agan.

[1]. Sampaikan tentang makalah yang dikritik. Berikanlah pembaca tentang nama penulis, judul makalah, dan tanggal publikasi. Sebaiknya rangkuman Jangan terlalu banyak maupun terlalu sedikit.

[2]. Tawarkan pendapat singkat agan untuk menarik perhatian pembaca. Misalnya, “Penelitian Agnes Monica sangatlah bagus dalam seni tari namun masih ada kekurangan dalam mengambil kesimpulan”

[3]. Lengkapi pendapat agan dengan beberapa kalimat untuk memberikan gambaran umum dari analisis agan. Jangan memberi terlalu banyak detail karena hal ini hanya untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang penelitian agan.

[4]. Sebutkan tentang penelitian agan. Satu kalimat atau beberapa kalimat sudah cukup untuk memperkenalkan penelitian agan tergantung dari panjang dan kompleksnya argumen agan. Pernyataan dari penelitian merupakan poin penting dari kesimpulan. Sebagai contoh, agan dapat menulis “Meskipun Agnes Monica dianggap memberikan kontribusi besar terhadap ilmu pengetahuan waktu itu, namun dengan semakin berkembangnya teknologi dan penelitian, para peneliti sudah seharusnya tidak percaya lagi terhadap  hasil-hasil penelitiannya”.

Tips: Pendahuluan ditulis terakhir. Setelah makalah lengkap agan bisa menambahkan ringkasan argumen dengan lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s