Mendulang Rupiah dari Kreasi Sampah

Sampah, mendengar sebuah kata tersebut mungkin pikiran Anda langsung tertuju pada sesuatu yang bau, tidak berguna, dan kotor. Memang, sampah sejatinya adalah sisa-sisa atau kotoran yang sengaja dibuang oleh manusia karena sudah dianggap tidak lagi berguna. Tapi, sebaiknya Anda jangan berpikiran negatif dulu tentang sampah karena sampah ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk meraup rupiah lho. Ini bukan tentang aktivitas memulung sampah dan sebagainya. Namun yang dimaksud dengan memanfaatkan sampah untuk pundi-pundi rupiah disini adalah aktivitas memfungsikan kembali sampah disekitar Anda, terutama sampah plastik. Pemanfaatan kembali sampah juga dapat Anda lakukan untuk mengurangi beban sampah di lingkungan sekitar Anda.

Pemanfaatan sampah-sampah plastik di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal dapat Anda lakukan dengan menjadikannya sebagai bahan kreasi sampah. Dengan sampah-sampah plastik seperti botol bekas, plastik bekas bungkus deterjen, plastik bekas bungkus minuman serbuk, maupun sampah plastik bekas bungkus sabun cair Anda dapat membuat suatu kreasi baru. Seperti halnya kreasi yang sudah dibuat oleh beberapa kaum ibu di Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta, Anda juga dapat membuatnya dengan sangat mudah. Sampah-sampah plastik seperti disebutkan tadi dapat dikreasikan menjadi tas, dompet, payung, tempat tissue, maupun mainan atau pernak-pernik pajangan rumah yang lucu.

Untuk membuat kreasi sampah Anda cukup mengumpulkan sampah-sampah plastik yang keadaannya masih bagus. Untuk membuat tas, tempat tissue, dompet, atau tempat pensil, Anda cukup menggunakan sampah plastik bekas bungkus sabun cair, minuman serbuk, atau deterjen. Sebelum memulai pembuatan kreasi daur ulang sampah ini, Anda wajib mencuci sampah-sampah tadi sampai bersih lalu dikeringkan. Hal ini dimaksudkan agar kotoran dan kuman-kuman yang menempel bisa hilang. Setelah kering, Anda dapat mengguntingnya sesuai ukuran yang Anda butuhkan. Lalu, buatlah pola benda yang akan Anda buat. Setelah itu, jahit masing-masing bagian sampah plastik tersebut membentuk pola yang telah Anda buat. Selanjutnya, lipat bagian ujungnya dengan kain khusus agar jahitan tidak lepas dan kreasi Anda tidak cepat rusak.

Untuk bentuk tas, dompet, atau tempat pensil, Anda dapat menambahkan ritsleting serta handle tangan. Sedangkan untuk sampah bekas botol air minum atau air mineral, Anda dapat membuat kreasi sampah seperti pajangan rumah yang apik berbentuk burung penguin. Caranya adalah dengan menggunting bagian ujung dari 2 botol (lebih bagus jika memakai botol minuman bersoda yang berukuran besar). Kemudian, rekatkan kedua ujung botol tersebut menjadi satu berhadap-hadapan dengan lem, sebelumnya isi dengan pasir atau bahan pemberat. Lalu, cat keseluruhannya dengan cat dasar putih. Untuk mata dan paruh, Anda dapat melukisnya atau menempelkan manik-manik pada bagian tersebut. Kemudian, cat bagian tubuh dengan warna yang Anda kehendaki. Untuk bagian kepala Anda bisa mengecatnya dengan warna yang kontras sehingga menyerupai bentuk topi. Nah, selanjutnya Anda tinggal menambahi aksesoris berupa pita ataupun syal di bagian leher.

Membuat berbagai kreasi sampah seperti tas, dompet, tempat tissue maupun pajangan rumah dengan memanfaatkan sampah-sampah plastik dari lingkungan sekitar Anda dapat sedikt banyak membantu Anda secara material. Bila hasilnya bagus, Anda dapat menjualnya. Mulailah menawarkan ke teman-teman Anda. Selain menghasilkan rupiah dengan modal minimal, kreasi sampah plastik juga dapat membantu mengurangi beban sampah yang kian hari kian tak terkendali. Tentunya, kreasi ini juga dapat membantu para kaum wanita yang ingin meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s