Eksploitasi Laut Berlebih Dapat Merusak Kehidupan Bangsa

Keadaan memprihatinkan terhadap keindahan panorama dibawah laut kini telah dialami di seluruh perairan Indonesia. Tanpa memikirkan pelestarian dan kelestarian panorama keindahan alam bawah lautnya para oknum pengusaha telah memanfaatkan hal ini untuk kepentingan pribadinya.

Manfaat dari eksploitasi laut

Tiram, siput, ikan, dan garam disediakan oleh laut sebagai bahan makanan mudah dijangkau dengan gizi bermutu tinggi. Telah diketahui oleh umum meskipun dalam jumlah banyak protein bernilai tinggi mudah dicerna oleh tubuh terdapat dalam ikan. Dalam beberapa penelitian menyebutkan kolesterol darah dapat dicegah oleh sejenis zat asam dalam kandungan lemak ikan. Selera makan dapat dibangkitkan dengan memakan telur ikan. Vitamin A dan D terdapat dalam organ-organ ikan terutama hati. Kalsium, zat besi, dan phosphor  terdapat dalam tulang ikan bermanfaat untuk tulang anak-anak dan pertumbuhan gigi anak-anak. Vitamin B12 terdapat dalam makhluk hidup lainnya yaitu tiram, siput, dan berbagai binatang tak bertulang belakang lainnya.

Sangat banyak manfaat laut bagi kehidupan manusia terutama bagi Bangsa Indonesia. Laut dapat berfungsi sebagai jalur komunikasi dan transportasi untuk menghubungkan seluruh Bangsa Indonesia. Sumber pangan, terutama protein juga merupakan fungsi dari laut. Salah satu contohnya adalah komoditas ekspor non migas terbesar Indonesia berupa ikan. Contoh lainnya adalah keberhasilan pengembangan usaha budidaya perikanan. Bagi Bangsa Indonesia salah satu wilayah pertambangan potensial adalah laut. Hasil dari pertambangan tersebut dapat berupa minyak dan gas bumi. Selain itu sebagai salah satu sumber energi terbarukan potensi dari laut belum dikembangkan secara maksimal. Contohnya saja samudra Hindia dan Pasifik dihubungkan oleh arus laut abadi dimana arus tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin listrik.

Banyak manfaat bisa didapatkan dari eksploitasi laut. Dalam bidang rekreasi dan Pariwisata laut Indonesia memiliki panorama bawah laut luar biasa sebagai sebuah negara tropis. Bunaken sebagai salah satu wilayah di Indonesia bagian Timur tepatnya Sulawesi Utara terkenal namanya di dunia karena keindahan alam lautnya. Selain Bunaken masih ada Wakatobi, perairan di kepulauan Natuna, dan derah Kepulauan Arwah di Rokan Hilir. Bahan baku pembuatan obat-obatan herbal juga bisa didapatkan dari kekayaan alami maupun nabati laut Indonesia. Tubuh manusia dapat memanfaatkan eksrak tanaman maupun hewan laut untuk mengobati maupun mencegah penyakit. Dan kabarnya para peneliti telah dapat mengembangkan suatu obat untuk mempercepat proses penyembuhan operasi dari ikan gabus. Meskipun masih dalam taraf penelitian semoga kedepannnya bisa lebih berkembang.

Laut bisa dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan dan penelitian potensial mengingat dalam dan luasnya laut Indonesia. Terutama sekali dalam penelitian dalam bidang laut dalam dimana para peneliti tersebut selalu menemukan spesies-spesies baru setiap saatnya. Kedepannya sangat diharapkan laut dapat menjadi sumber energi dan pangan dalam menyangga kehidupan manusia. Untuk menjaga kelestarian lingkungan alam maka manusia melakukan konservasi alam baik di darat mapun dilaut. Salah satu contoh konservasi lautan di Indonesia adalah konservasi ikan terubuk di Riau. Selain konservasi ikan ada juga konservasi terumbu karang dan hewan-hewan langka dan terancam punah seperti penyu laut. Disamping konservasi, laut juga berfungsi sebagai sarana pertahanan dan kemanan negara. Laut menyediakan buffer area sebagai area terdepan dalam sistem pertahan negara Indoensia. Dua faktor penting penjaga keutuhan kawasan teritorial perairan Indonesia adalah angkatan laut dan nelayan-nelayan penangkap ikan sebagai radar dan pagar hidup bangsa Indonesia.

Manfaat lain dari laut adalah penyedia sumber air bersih. Dengan teknologi berkembang saat ini bukan tidak mungkin kita akan memanfaatkan air laut sebagai sumber utama air bersih. Hal ini sudah dilakukan oleh Arab Saudi untuk memenuhi keperluan akan air bersih manusia dan hewan.

Eksploitasi laut berlebihan dapat menyebabkan pencemaran

Ada banyak penyebab makin tingginya tingkat rusaknya ekosistem laut. Diantara hal tersebut adalah laut masih dianggap sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Faktor lainnya adalah tidak terkoordinasinya berbagai elemen pemerintah dan swasta dalam menangani hal ini. Faktor penyebab rusaknya ekosistem laut lainnya adalah limbah cair permukiman, limbah cair perkotaan, makin banyaknya industri, pertambangan, pertanian, pelayaran, dan perikanan budi daya air.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s