Mengelola Sampah dengan Mengenali Jenis-Jenis Sampah

Mengenali jenis-jenis sampah dan pengelolaannya merupakan hal yang harus dilakukan oleh masyarakat jaman modern ini. Setiap harinya manusia selalu menghasilkan sampah. Banyak barang telah menjadi sampah mulai dari peralatan rumah, mainan-mainan plastik, botol-botol, tisu, kain-kain bekas, kertas, sampai sisa makanan.

Mengenali jenis-jenis sampah untuk penanganannya

Dengan melakukan hal ini maka kita dapat mengurangi terjadinya masalah dikemudian hari. Ada empat macam jenis-jenis sampah yang harus dikenali oleh kita. Kita langsung saja dengan poin pertama yakni tipe organik. Contoh dari tipe ini khususnya sisa makanan. Ciri dari tipe ini adalah dapat terurai secara organik. Poin kedua adalah tipe anorganik. Contoh dari tipe ini adalah Styrofoam dan plastik. Tipe ini membutuhkan penanganan lebih lanjut dikarenakan secara biologis bahan-bahannya sulit diuraikan.

Poin ketiga adalah B3. Sampah ini mempunyai ciri-ciri berbahaya dan beracun. Poin keempat adalah kompos. Sering dimanfaatkan sebagai kompos untuk tanaman. Bakteri yang berada di dalam tanah membusukkan sampah jenis ini dan menguraikannya dengan cara biologis

Tindakan selanjutnya setelah mengenali jenis-jenis sampah

Tindakan lanjut sangat diperlukan dalam mengelola sampah sehingga tidak hanya menjadi teori saja. Kita bisa mengkreasikan beberapa hal untuk dilakukan dalam melestarikan lingkungan. Diantaranya adalah menggunakan asas-asas 4R dalam bahasa ilmiahnya yaitu Replace, Reduce, Reuse, dan Recycle atau dalam bahasa gaulnya adalah mengganti, mengurangi, memakai, dan mendaur ulang. Untuk R yang pertama atau R1 (Replace) dilakukan dengan menggunakan barang-barang lebih ramah lingkungan dan lebih tahan lama dibandingkan barang-barang yang baru dipakai sekali lalu dibuang. Contohnya adalah tidak mempergunakan bahan styrofoam dan gunakan tas sendiri untuk mengganti tas kresek yang kita gunakan dalam berbelanja. Untuk R yang kedua atau R2 (Reduce) bisa dilakukan dengan menggunakan produk yang menawarkan kemasan isi ulang. Hal lainnya untuk mengurangi sampah plastik bisa dilakukan dalam mengurangi sampah plastik bisa dilakukan dengan membawa tas belanja sendiri dari rumah. Selain dua contoh yang sudah disebutkan bisa juga dengan melakukan pembelian produk makanan dalam jumlah banyak seperti makanan kering, deterjen, dan susu.

Untuk R yang ketiga atau R3 disebut juga Reuse bisa dilakukan dengan banyak hal, beberapa contoh diantaranya adalah menggunakan pembungkus sesuatu dari bungkus plastik belanja untuk dimanfaatkan. Hal berikutnya bisa dengan menggunakan wadah dari botol-botol bekas. Contoh lainnya adalah membuat kerajinan tangan seperti pembersih atau lap dari kain bekas maupun pakaian bekas. Poin terakhir atau poin keempat yaitu R4 disebut juga Recycle bisa dilakukan dengan beberapa hal diantaranya adalah memanfaatkan hasil daur ulang berupa kertas atau pun produk lainnya. Contoh lainnya yaitu memaksimalkan daur ulang dengan mengumpulkan botol-botol dan kaleng-kaleng bekas. Hal lainnya adalah mendaur ulang beberapa bahan yaitu koran bekas, majalah, sampai kertas-kertas bekas.

Untuk mengolah sampah bisa dilakukan dengan tiga hal yaitu proses komposting atau metode biologis, membuang di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) atau metode fisik disebut juga pengurugan, dan terakhir melalui upaya pembakaran atau disebut juga metode kimiawi. Untuk penanganan dalam jumlah besar biasanya dilakukan dengan metode secara fisik. Sampah diangkut ke TPA setelah diolah di rumah-rumah penduduk. Sampah harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang untuk menghindari datangnya tikus, lalat, pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab penyakit, terjadinya pencemaran udara, tanah, dan air minum. Setelah kita mengenali jenis-jenis sampah maka kita akan bisa menentukan cara paling efektif dalam mengelola sampah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s