Pengelolaan Sampah Dimulai dari Diri Sendiri

Pengelolaan sampah sesungguhnya dapat kita lakukan sedini mungkin dan kita mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Setidaknya hal ini kita perlu kita lakukan untuk mengurangi resiko pencemaran lingkungan yang akan disebabkan oleh sampah yang tidak dikelola dengan baik dan benar. Maksud dari pengelolaan sampah yang baik dan benar adalah dengan melakukan proses pengolahan yang tepat pada jenis sampah yang tepat pula. Hal ini disebabkan karena setiap jenis dan macam sampah memiliki sifat yang berbeda-beda sehingga memerlukan perlakuan yang berbeda pula. Sebelum kita mengetahui cara-cara yang tepat untuk melakukan pengelolaan tersebut, kita perlu mengetahui apa sampah itu sebenarnya serta jenis-jenis sampah yang ada pada saat ini. Kata “sampah” sudah pasti tidak asing lagi di telinga kita. Manusia menciptakan konsep tersebut dari kebiasaan mereka dalam membuang segala sesuatu yang menurut mereka sudah tidak memiliki nilai guna lagi setelah mereka gunakan dalam sebuah aktivitas. Sudah barang tentu, keberadaan sampah tidak dapat dipisahkan lagi dari aktivitas manusia sehari-hari.

Pengelolaan sampah berdasarkan jenisnya

Kemudian, sampah itu sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan sifatnya. Jenis pertama adalah sampah organik yang memiliki sifat mudah dicerna dan diuraikan oleh bumi atau mengurai sendiri secara ilmiah. Yang termasuk dalam jenis sampah ini antara lain adalah sampah yang berasal dari alam, dari manusia, hewan dan tumbuhan. Karena kemampuannya dalam penguraian, maka sampah jenis ini tidak memerlukan proses pengelolaan sampah yang khusus. Selain itu, ada jenis sampah yang sering kita sebut sebagai sampah anorganik. Berdasarkan namanya, sampah ini memiliki sifat yang tidak dapat diuraikan dengan mudah, bahkan jika bisa diuraikan sekalipun akan membutuhkan waktu yang tidak singkat yang dapat mencapai ratusan tahun. Sampah, kaca, kaleng, logam, besi, dan plastik adalah beberapa contoh dari jenis sampah anorganik.

Mengingat sifat sampah yang demikian, kita perlu melakukan pengelolaan sampah yang lebih khusus sehingga keberadaan sampah-sampah tersebut tidak tertimbun terlalu banyak di bumi yang kemudian dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Dalam mengelola sampah jenis ini, kita dapat melakukan beberapa cara yang antara lain adalah mengurangi, memakai kembali, mendaur ulang, serta mengganti. Mengurangi di sini berarti kita harus meminimalisir penggunaan barang-barang yang tidak terlalu kita perlukan agar sampah yang dihasillkan juga dapat kita minimalisir. Kemudian, kita juga harus lebih bijak dalam memilih barang. Sebaiknya kita memilih barang yang sekiranya dapat kita gunakan kembali. Atau kita dapat memilih untuk melakukan cara berikutnya, yaitu dengan cara mendaur ulang barang-barang bekas sehingga menjadi barang yang memiliki nilai guna lagi.

Membiasakan pengelolaan sampah dengan baik dari diri sendiri

Yang terakhir, kita dapat beralih pada barang-barang yang lebih tahan lama yang dapat kita gunakan dalam aktivitas kita sehari-hari sehingga volume sampah dapat kita tekan semaksimal mungkin. Keempat cara di atas mungkin terlihat sepele namun jika semua orang di dunia ini mau melakukannya, maka resiko-resiko yang mungkin disebabkan oleh keberadaan sampah yang berlebihan di bumi ini dapat diminimalisir seefektif mungkin.Terlebih lagi jika kita dapat membedakan pengelolaannya berdasarkan pada jenis sampah dan sifatnya. Dengan demikian kita sama saja ikut berperan dalam usaha menjaga kelangsungan bumi kita ini dan menghindarkannya dari kerusakan yang terlalu dini. Cukup kita mulai dari diri kita sendiri dan lingkungan keluarga kita saja dengan menjadikan kebiasaan pengelolaan sampah tersebut di atas sebagai kebiasaan hidup kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s