Menambah Nilai Sampah dengan Melakukan Pengolahan Sampah Organik

Pengolahan sampah organik adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir resiko-resiko yang mungkin disebabkan oleh keberadaan sampah yang berlebihan di muka bumi ini. Sesungguhnya sampah organik adalah salah satu jenis sampah yang pada dasarnya sudah dapat dengan mudah diuraikan oleh bakteri. Yang termasuk ke dalam kategori sampah ini antara lain adalah sampah-sampah yang berasal dari alam, tubuh manusia, heman, dan lain sebagainya seperti daun-daun kering, ranting, kayu, sayuran busuk, fases, urin, kotoran hewan dan masih banyak lagi. Dengan hanya didiamkan begitu saja pun sampah-sampah yang termasuk dalam jenis ini sudah dapat diruaikan oleh bakteri yang kemudian dapat kembali menjadi satu dengan tanah, dan bahkan dapat menambah nilai kesuburan tanah itu sendiri.

Pengolahan sampah organik sebagai solusi atasi sampah

Namun, mengingat keberadaan sampah yang makin tidak terkendali saat ini, proses penguraian tersebut perlu untuk kita bantu agar lebih cepat sehingga bumi tidak perlu menjalankan tugasnya menguraikan sampah yang terlalu banyak. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu proses tersebut dan salah satu caranya adalah dengan melakukan pengolahan sampah organik agar menjadi sesuatu yang lebih berguna bagi kehidupan manusia, dalam hal ini contohnya untuk diolah kembali menjadi pupuk. Di sini, yang dimaksud dengan mengolah sampah organik menjadi pupuk adalah dengan memanfaatkan beberapa jenis sampah organik untuk kemudian kita olah dengan melalui beberapa tahapan sehingga hasil dari proses tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai pupuk untuk tanaman kita.

Dalam hal ini, bisa dikatakan juga bahwa usaha kita dalam melakukan pengolahan sampah organik adalah untuk menambah nilai dari sampah-sampah organik tersebut, bahkan tidak menutup kemungkinan juga kita dapat mendapatkan nilai ekonomis dari hasil pengolahan tersebut. Untuk dapat menambahkan nilai pada sampah-sampah organik tersebut, maka kita perlu melakukan beberapa tahapan dalam proses pengolahan ini. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahan dasar yang berupa berbagai macam sampah organik seperti sampah sayuran, sampah buah, sisa makanan, rumput, dan lain-lain. Kemudian kita juga perlu menyiapkan kotoran sapi, EM4, gula pasir, air, serta dedak atau pakan ayam.

Setelah bahan-bahan dasar tersebut siap, tahap selanjutnya dalam proses pengolahan sampah organik adalah dengan melakukan pencacahan terhadap sampah-sampah organik tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lalu mencampurkannya dengan kotoran sapi ke dalam sebuah wadah hingga menyatu. Setelah itu, kita dapat menuangkan cairan EM4 sebanyak satu botol kedalam campuran tersebut bersamaan dengan air dan gula pasir. Kemudian yang terakhir dari proses pencampuran ini adalah dengan menaburkan dedak diatas campuran tadi.

Nilai ekonomis dari pengolahan sampah organik

Dalam proses pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos ini memerlukan kondisi yang anaerob sehingga kita perlu untuk mengkondisikan campuran tadi pada keadaan yang tanpa udara dan sinar matahari. Maka kita perlu menutup campuran tadi secepat mungkin sehingga tidak ada udara maupun sinar matahari yang dapat masuk. Tidak selesai sampai di sini, proses pengomposan masih akan berlanjut hingga beberapa hari. Kita masih harus mengaduk campuran tersebut selama 3 atau lima hari sekali hingga kurang lebih mencapai waktu satu bulan. Setiap kita mengaduk campuran tersebut, kita juga perlu menambahkan EM4 lagi ke dalamnya dan menutup rapat kembali campuran tersebut.jika kita melakukan proses tersebut dengan baik dan benar, maka kita akan mendapatkan hasil pupuk kompos yang baik yang dapat kita gunakan untuk lebih mempersubur tumbuhan-tumbuhan kita. Dan jika kita berminat untuk menjadikannya usaha dalam skala yang lebih besar, maka kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih menjanjikan karena pupuk kompos juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi terlebih di kalangan pertanian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s