Jenis-jenis Sampah untuk Penanganan yang Lebih Tepat

Jenis-jenis sampah adalah hal yang sangat penting untuk kita ketahui mengingat keberadaan sampah yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan kita. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenisnya, akan lebih baik jika kita mengetahui apa itu sampah sesungguhnya. Sampah adalah apapun yang sudah tidak kita inginkan untuk kita gunakan dalam suatu proses, terlepas dari masih dapat digunakan atau tidak hal tersebut. mengingat keberadaannya yang sudah tidak kita inginkan, maka hal yang berikutnya akan kita lakukan adalah membuangnya. Dalam proses pembuangan itu sendiri, pada dasarnya harus kita lakukan secara tepat karena jika tidak, keberadaan sampah tersebut akan dapat merugikan kita dan lingkungan kita.

Jenis-jenis sampah perlu untuk dibedakan

Namun, keberadaan sampah yang demikian itu juga tergantung dari jenis-jenis dan macam sampah itu sendiri. Hal ini dikarenakan oleh sifat sampah yang berbeda-beda pada setiap macamnya. Macam sampah juga perlu untuk kita ketahui agar kita mampu untuk menyikapi keberadaan sampah tersebut dengan lebih efektif dan efisien. Penanganan sampah yang tepat dapat mengurangi resiko terjadinya penimbunan sampah secara berlebihan yang sudah pasti dapat membahayakan diri kita dan lingkungan kita, baik dalam jangka pendek atupun jangka panjang. Ada beberapa aspek yang perlu kita ketahui dalam membedakan jenis-jenis sampah itu sendiri. Aspek-aspek tersebut antara lain bahwa macam sampah dapat dibedakan berdasarkan sumber, sifat dan bentuk sampah itu sendiri.

Pada kategori pertama, jenis-jenis sampah dapat dibedakan berdasarkan sumbernya. Berdasarkan kategori ini, kita dapat membedakan sampah dari asalnya yang antara lain adalah sampah alam yang sudah pasti merupakan sisa-sisa dari proses-proses yang terjadi pada alam seperti daun dan ranting kering. Kemudian ada sampah manusia yaitu berbagai jenis material yang disisakan manusia dalam proses kehidupannya, seperti fases dan urin. Selain itu ada juga sampah konsumsi, sampah nuklir, sampah industri, serta sampah pertambangan. Untuk kategori berikutnya, jenis-jenis sampah dibedakan menurut sifatnya. Ada dua sifat dasar sampah yaitu organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan dengan mudah oleh bakteri seperti daun-daun kering dan sisa-sisa makanan. Lain halnya dengan jenis sampah anorganik. Sampah yang memiliki sifat seperti ini tidak dapat diuraikan oleh bakteri sehingga membutuhkan bantuan manusia untuk mengolahnya, seperti sampah plastik dan logam.

Jenis-jenis sampah menentukan cara penanganannya

Berdasarkan jenis-jenis sampah dari sifatnya, maka kita harus dapat membedakan dalam penanganannya. Sedapat mungkin kita harus memisahkan antara sampah kedua jenis sampah tersebut agar pemusnahannya dapat berlangsung dengan lebih efektif. Kemudian, untuk kategori jenis-jenis sampah berikutnya, ada macam sampah yang dibedakan berdasarkan bentuknya. Dalam kategori ini, ada dua macam sampah, yaitu sampah padat dan cair. Maka dari itu, ada dua macam pembuangan yang biasa kita temui saat ini yang ditujukan agar pembuangan sampah dapat lebih terpusat. Untuk jenis sampah padat biasanya disiapkan bak sampah atau semacamnya, sedangkan untuk jenis sampah cair akan disediakan semacam saluran pengeluaran cairan tersebut seperti got.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena jika kedua jenis sampah tersebut dijadikan satu, maka proses penguraian sampah itu sendiri akan berjalan dengan tidak seimbang yang memungkinkan akan terjadi penimbunan sampah yang berlebih. Maka, untuk dapat berperan dalam mengatasi resiko penimbunan sampah berlebih di lingkungan kita, kita harus dapat lebih bijak lagi dalam menangani sampah seperti dengan membedakan sampah berdasarkan jenisnya sehingga setiap jenisnya akan dapat mengalami proses yang tepat dan untuk dapat melakukan hal tersebut, terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis-jenis sampah itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s