Jenis dan Sifat Sampah Menentukan Solusi untuk Mengatasi Sampah

Solusi untuk mengatasi sampah adalah hal yang masih menjadi tugas semua orang di dunia ini untuk memecahkannya sehingga akan didapat cara terbaik dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah yang sampai saat ini seperti masih tidak ada ujungnya. Segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari pasti akan menghasilkan sampah. Maka tidak heran jika keberadaan sampah saat ini sudah semakin tidak terkendali dan dampaknya semakin menjadi salah satu momok terbesar dalam kehidupan kita. Hal ini dapat terjadi karena keberadaan sampah yang makin banyak tiap harinya seiring dengan berkembang pesatnya jumlah penduduk dunia saat ini tidak diimbangi dengan pengelolaan sampah yang tepat. Maka yang kita dapati saat ini adalah volume sampah yang seolah tidak seimbang dengan proses penguraiannya yang berakibat fatal baik bagi kesehatan kita maupun bagi keadaan lingkungan kita.

Berbagai macam solusi untuk mengatasi sampah

Sebenarnya, sudah ada banyak solusi untuk mengatasi sampah yang sudah dicetuskan hingga saat ini. Namun dari kesemuanya itu, belum satupun yang terbukti paling ampuh dalam mengatasi keberadaan sampah yang makin hari makin menggunung. Salah satu cara yang ditawarkan adalah dengan membedakan tempat sampah berdasarkan jenis dan sifat sampah yang ada, misalnya tempat sampah khusus untuk jenis sampah organik dengan warna orange dan tempat sampah untuk jenis sampah anorganik dengan warna biru. Namun, solusi tersebut kurang berhasil dalam pelaksanaannya dikarenakan distribusinya yang kurang merata serta ketidak pedulian masyarakat terhadap pemisahan jenis sampah tersebut yang menyebabkan masih banyak tempat sampah yang terisi dengan jenis sampah yang salah. Hal ini menyebabkan terganggunya proses penguraian sampah-sampah tersebut.

Solusi untuk mengatasi sampah tidak terbatas pada proses pembuangan

Selain itu, sesungguhnya proses pengelolaan sampah tidak terhenti hanya sebatas pada cara pembuangannya saja. Kita masih harus berusaha untuk memusnahkan keberadaan sampah-sampah tersebut sehingga tidak mencemari lingkungan. Pengelolaan dalam tahap inilah yang harus memperhatikan jenis dan sifat sampah karena tidak setiap cara akan cocok dengan sifat dan jenis sampah. Misalnya, cara menimbun sampah dalam tanah tidak akan berhasil jika dilakukan pada sampah-sampah anorganik karena sampah jenis ini memerlukan waktu berpuluh-puluh tahun untuk dapat menyatu lagi dengan unsur-unsur murni tanah. Sehingga solusi untuk mengatasi sampah jenis ini yang paling tepat adalah dengan mendaur ulangnya. Dengan mendaur ulang, kita dapat meminimalisir jumlah sampah yang ada di bumi ini dan sekaligus memberi nilai guna pada barang yang tadinya tidak berfungsi sama sekali.

Kemudian untuk sampah organik, terutama yang sudah mengering, kita dapat melakukan proses pembakaran. Cara ini terbukti paling efektif dan dapat mempercepat siklus sampah organik sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan yang dapat membahayakan kesehatan kita. Karena, jika dibiarkan begitu saja, keberadaan sampah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit menjadi berpotensi untuk menyerang kesehatan kita. Penyakit-penyakit tersebut antara lain, diare, kolera, tifus, gangguan pernafasan dan lain sebagainya. Walaupun penyakit-penyakit tersebut tidak tergolong penyakit berat, namun jika dibiarkan juga akan berujung pada kematian.

Selain kedua contoh cara di atas, mengganti jenis-jenis barang yang kita pakai juga dapat kita gunakan sebagai salah satu dari beberapa solusi untuk mengatasi sampah. Dalam hal ini, kita dapat mengganti barang-barang yang biasa kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari dengan barang yang lebih tahan lama dengan tujuan untuk meminimalisir jumlah sampah yang ada. Dengan membiasakannya mulai dari diri sendiri, kita akan mampu berpartisipasi dalam menjaga bumi ini dari kerusakan-kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi akibat pencemaran dari sampah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s