Dampak Sampah dan Macam-macamnya

Dampak sampah adalah hal yang sangat penting untuk kita pertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk membuang sampah secara sembarangan. Yang dapat kita sebut sebagai sampah adalah material dalam bentuk apapun yang kita anggap sudah tidak memiliki nilai guna sehingga kita tidak menginginkannya lagi dan membuangnya. Ada beberapa macam sampah yang perlu kita ketahui perbedaannya agar kita dapat melakukan penanganan terhadap sampah-sampah tersebut dengan lebih efektif. Ada yang disebut dengan sampah organik dan ada pula yang disebut dengan sampah anorganik. Sampah organik adalah sisa-sisa pembuangan yang selanjutnya masih dapat diuraikan menjadi bentuk lain oleh bakteri. Yang termasuk dalam jenis ini antara lain adalah sampah sayuran, sisa makanan, daun-daun kering, sampah kayu, dan sebagainya. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan lagi oleh bakteri, seperti plastik, kaca, logam, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis dari dampak sampah.

Terlepas dari macam dan jenis sampah, kita perlu memperhatikan akibat yang mungkin ditimbulkan jika keberadaan sampah-sampah tersebut berlebihan. Keberadaan sampah jika tidak di atur atau jika dibuang secara sembarangan akan menyebabkan banyak sekali dampak negatif baik bagi diri kita sendiri maupun bagi lingkungan sekitar kita. Secara umum, dampak sampah dapat dibedakan menjadi tiga hal, yaitu dampak bagi kesehatan manusia, dampak bagi lingkungan, serta dampak bagi keadaan sosial ekonomi masyarakat. Untuk dampak yang pertama, sudah sangat jelas bahwa sampah dapat memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan manusia.

Dari aspek kesehatan, keberadaan sampah yang tidak dikelola secara baik dan benar dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit yang walaupun pada dasarnya tidak berbahaya namun jika dibiarkan berkelanjutan dapat berujung pada kematian. Jenis penyakit yang sangat potensial ditimbulkan dari dampak sampah itu sendiri antara lain adalah diare, kolera, dan tifus yang penyebarannya dapat dilakukan melalui lalat dan tikus yang baru saja bersentuhan dengan sampah dan kemudian tanpa kita sadari melakukan kontak dengan makanan atau minuman kita. Selain itu, penyakit demam berdarah dan malaria juga dapat menjadi salah satu ancaman terbesar yang disebabkan oleh sampah.Jika lingkungan tempat tinggal kita tidak bersih dan masih terdapat banyak sampah yang tidak pada tempatnya, maka nyamuk-nyamuk pun akan lebih menyukai tempat tinggal kita dan menjadikan kita sebagai sasaran empuk mereka.

Dampak sampah sangat merugikan bagi kita.

Kemudian, dampak sampah yang kedua adalah dampak yang akan diberikan sampah kepada lingkungan kita. Selain membuat lingkungan menjadi terlihat kotor dan jauh dari kata “rapi” keberadaan sampah yang tidak pada tempatnya juga dapat membuat lingkungan kita menjadi tidak menyenangkan apalagi dengan adanya bau yang tidak sedap yang berasal dari sampah-sampah tersebut. Yang lebih parah lagi adalah ketika keberadaan sampah sudah menyebabkan penyumbatan pada aliran air. Maka yang kemudian akan terjadi adalah resiko banjir pada musim penghujan. Yang lebih parah lagi adalah ketika sampah sudah masuk pada saluran air bersih yang akan mengakibatkan krisis air bersih di kemudian hari.

Dari kedua dampak diatas, akan berujung pada dampak ketiga yaitu dampak sampah bagi keadaan sosial dan ekonomi. Keadaan lingkungan yang kotor menjadi tidak menyenangkan untuk ditinggali warganya dan bagi siapapun yang mengunjungi tempat tersebut. Selain itu, permasalahan kesehatan dan pencemaran air bersih juga akan berujung pada pendanaan yang sebenarnya tidak perlu kita keluarkan jika kita dapat mengelola sampah dengan lebih bijak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s