Bahaya Sampah Medis dan Cara Mengatasinya

Bahaya sampah medis sangat perlu untuk kita waspadai dampaknya terutama bagi kesehatan kita. Ada berbagai macam jenis sampah yang dapat kita temui saat ini dan keseluruhannya harus dapat kita bedakan jenis dan macamnya sehingga kita dapat melakukan penanganan yang tepat terhadap sampah-sampah tersebut berdasarkan jenis dan sifatnya. Hal ini sangat perlu untuk kita lakukan mengingat kemampuan sampah dalam menguraikan diri berbeda pada setiap jenisnya. Misalnya saja, jenis sampah organik memiliki kemampuan untuk teruraikan oleh bakteri jauh lebih cepat dibandingkan sampah-sampah yang termasuk dalam jenis sampah anorganik. Maka dari itu, untuk dapat melakukan penanganan yang tepat terhadap jenis-jenis sampah, maka kita perlu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Meminimalisir bahaya sampah medis

Pada dasarnya, sampah merupakan segala macam zat yang sudah tidak kita inginkan karena menurut kita sudah tidak memiliki nilai guna lagi sehingga agar tidak mengganggu kita harus membuangnya. Akan tetapi, perlakuan sampah yang hanya demikian itu lama kelamaan dapat memberikan dampak negatif terutama bagi bumi kita ini. Hal ini disebabkan karena bumi tidak mampu menguraikan semua jenis sampah dalam waktu yang singkat. Bahkan untuk dapat menguraikan sampah anorganik, bumi memerlukan waktu hingga ratusan tahun. Maka dari itu, kita perlu meminimalisir resiko tersebut dengan mencegah keberadaan sampah semaksimal mungkin dan melakukan penanganan terhadap sampah seefektif mungkin berdasarkan jenisnya. Salah satu jenis sampah yang memerlukan penanganan khusus adalah jenis sampah medis. Untuk dapat meminimalisir bahaya sampah medis, kita harus mengetahui lebih jauh tentang sampah medis terlebih dahulu.

Pertama-tama, kita perlu mengetahui apa itu yang dimaksud dengan sampah medis. Sampah medis pada dasarnya adalah sampah yang dihasilkan oleh segala macam kegiatan yang berasal dari dunia medis atau kesehatan seperti rumah sakit, klinik atau unit pelayanan kesehatan lainnya. Mengingat asal dari sampah-sampah tersebut, secara awam kita sudah dapat mengetahui bahaya sampah medis yang mungkin akan disebabkan. Mengingat asal sampah-sampah tersebut dari dunia yang berhubungan langsung dengan penyakit, maka secara umum keberadaan sampah-sampah tersebut akan menjadi sangat erat kaitannya dengan penularan penyakit.

Penanganan bahaya sampah medis berdasarkan jenisnya

Namun, bahaya sampah medis juga dapat kita bedakan menjadi kategori yang lebih khusus yaitu sampah medis yang berupa benda tajam, benda infeksius atau benda-benda yang dapat menularkan penyakit, sampah jaringan tubuh seperti potongan anggota badan, darah dan sebagainya, sampah citotoksik, sampah farmasi yang berasal dari obat-obatan yang kadaluarsa, sampah kimia, sampah radioaktif, serta sampah plastik. Berdasarkan jenis-jenis sampah medis tersebut, kita dapat melakukan penanganan terhadap sampah-sampah tersebut yang juga akan melalui beberapa langkah dalam prosesnya.

Ada beberapa alternatif yang dapat kita lakukan dalam mengatasi bahaya sampah medis bagi lingkungan dan kesehatan kita. Alternatif-alternatif tersebut antara lain dapat kita lakukan dengan penimbunan, penampungan, pengangkutan, pengolahan, pembakaran, serta pembuangan. Alternatif-alternatif tersebut dapat kita lakukan berdasarkan jenis sampah medis seperti di atas. Dengan melakukan penanganan yang tepat terhadap jenis sampah medis yang tepat pula, kita akan mampu meminimalisir kemungkinan terburuk yang mungkin disebabkan dari bahaya sampah medis. Karena bukan tidak mungkin kita dapat tertular penyakit yang sangat mematikan dan dapat mengancam jiwa kita hanya karena kita menyentuh sedikit saja dari sampah-sampah tersebut. Dengan begitu, proses-proses penanganan sampah medis tersebut harus dilakukan seteliti mungkin agar tidak ada lagi resiko terinfeksi penyakit oleh sampah-sampah medis tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s