Konversi Sumber Daya Air untuk Kelangsungan Hidup Dunia

Konversi sumber daya air telah menjadi salah satu topic yang marak diperbincangkan saat ini mengingat keterkaitannya dengan masalah kelangkaan air yang saat ini sedang melanda berbagai daerah di banyak Negara. Tak terkecuali, kelangkaan air terjadi baik di daerah yang terpencil dan miskin maupun di kota-kota besar.Hal ini daoat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal yang sebagian besar dari sebab-sebab itu adalah kebiasaan buruk kita sebagai manusia.Kita terkadang kurang bijak dalam menggunakan sumber daya alam, khususnya air. Kita sering menggunakannya dengan sia-sia sehingga airĀ  tersebut terbuang percuma dan tidak efektif dalam memenuhi kebutuhan hidup kita. Tanpa kita sadari, mungkin kita telah melakukan hal-hal tersebut hampir setia hari karena sudah menjdadi kebiasaan dalam hidup kita.Padahal, hal yang seperti itulah yang menjadi salah satu penyebab utama krisis air bersih saat ini.

Tidak akan ada perubahan yang terjadi pada penyebab kelangkaan air bersih yang sedang terjadi saat ini jika tidak ada yang memulainya. Untuk itu, kita perlu membenahi diri kita masing-masing untuk dapat merubah pola hidup kita menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan manfaat yang diberikan alam, terutama air. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan membiasakan diri pada system konversi sumberdaya air. Maksud dan arti dari system ini pada dasrnya adalah untuk mengurangi jumlah penggunaan air bersih dengan mengubah pola hidup kita tanpa harus mengurangi manfaat dari air itu sendiri terhadap kebutuhan hidup kita. Yang perlu kita lakukan hanya merubah cara penggunaanya agar menjadi lebih efektiv dan effisien.

Dengan melakukan konversi sumber daya air, secara tidak langsung kita telah meringankan beban hidup saudara-saudara kita yang saat ini kesulitan mendapatkan air bersih. Setidaknya kita dapat ikut merasakan penderitaan mereka dengan berempati melalui konversi ini. Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari system ini terlebih dalam kaitannya dengan kelangsungan hidup banyak orang. Dikatakan demikian karena kelangkaan air yang berkelanjutan tanpa diatasi sedini mungkin dapat menyebabkan berbagai masalah terutama kesehatan. Maka dari itu, kita perlu melakukan kebiasaan ini agar kita dapat membantu dalam meningkatkan volume air tanah yang pastinya dapat dimanfaatkan oleh mereka yang lebih membutuhkan.Selain itu, kita juga dapat membantu memperbaiki kualitas air dan juga menyimpannya untuk generasi anak cucu kita kelak.

Untuk dapat melakukan hal ini, kita bisa memulainya dari diri kita sendiri atau setidaknya dari lingkungan keluarga kita sendiri. Dimulai sedini mungkin, kita ajak anggota keluarga kita untuk dapat melakukan konversi sumber daya air dengan cara menggunakan air dengan lebih berhati-hati. Maksudnya, kita menggunakan air sesuai kebutuhan saja, seefektif mungkin. Misalnya dengan memperbaiki keran air yang bocor, menutup keran saat menggosok gigi, menyiram kebun dengan sisa air minum, mencuci piring dan baju hanya jika sudah banyak, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut akan sangat besar dampaknya apalagi jika setiap keluarga mampu melakukannya. Jika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin bahwa kelangkaan air yang telah terjadi di banyak tempat di dunia ini bisa kita atasi. Dengan begitu, kita telah ikut serta dalam menyelamatkan kelangsungan kualitas air bersih yang ada di bumi ini dan kelangsungan hidup orang banyak pastinya, dan semua itu hanya kita lakukan dengan konversi sumber daya air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s