Tips Menghemat Air, Kebiasaan Kecil yang Berdampak Besar

Tips menghemat air akan sangat bermanfaat untuk kita ketahui bersama mengingat keberadaan air bersih yang saat ini sudah semakin menipis. Sesungguhnya air adalah salah satu sumber daya alam yang keberadaanya tidak terbatas dan air mampu melakukan perbaharuan sendiri tanpa memerlukan waktu yang lama. Namun, kemampuan air yang seperti itu harus disertai dengan keberadaan sumberdaya lain yang mendukung seperti tanah. Kualitas tanah yang baik akan menghasilkan kualitas air yang baik pula. Dahulu untuk menemukan air bersih bukan menjadi satu masalah, bahkan kita dapat minum air langsung dari sungai karena bersihnya. Tetapi hal yang seperti itu akan sangat sulit sekali untuk kita lakukan karena mayoritas sungai yang ada di dunia ini sudah kotor dan tercemar. Tercemarnya sungai juga terjadi dan disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan buruk manusia yang tidak bijak dalam memanfaatkan alamnya. Banyak dari kita yang membuang sampah ke sungai dan saat ini hal itu sudah hampir menjadi budaya.

Sebagai akibatnya, kualitas air yang diberikan sungai, sebagai salah satu sumber utama air bersih, sudah tidak lagi dapat dipercaya sepenuhnya bahkan benar-benar sudah tidak layak untuk digunakan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Maka dari itu, perlu adanya usaha agar kebiasaan buruk itu tidak berkelanjutan dan resiko akan kelangkaan air bersih untuk generasi penerus kita dapat kit hindari. Salah satu cara yang paling efektiv adalah dengan memulainya dari diri kita sendiri. Kita harus membiasakan diri dengan menjalani pola hidup yang lebih bijak terutama dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia seperti air.

Ada beberapa tips menghemat air yang dapat kita pelajari dan sebaiknya kita lakukan untuk menjadi kebiasaan hidup kita seterusnya. Yang pertama adalah dengan langkah memperbaiki kebocoran pada keran, pipa atau toilet dengan segera agar air yang terbuang tidak semakin banyak. Bila perlu, kita harus mengganti shower, toilet dan keran model lama kita yang pada umumnya lebih boros air dengan yang menggunakan tekhnologi hemat air. Tips menghemat air yang ketiga adalah ketika kita akan mencuci mobil atau motor, sebaiknya kita menggunakan ember kerena akan lebih menghemat air yang kita gunakan daripada jika kita menggunakan selang. Hal ini disebabkan kebiasaan kita yang malas mematikan keran saat sedang mencuci mobil sehingga air terus mengalir dari selang. Berikutnya, kita dapat menghemat air dengan cara mematikan keran saat kita sedang menggosok gigi atau bercukur dan bahkan akan lebih hemat lagi jika kita menggunakan gayung atau cangkir untuk membilas saat kita menggosok gigi atau mencukur.

Selain itu, kita juga dapat menghemat air dengan tidak sebentar-sebentar mencuci baju atau piring. Akan lebih efektif jika kita mencuci sekali dalam jumlah yang banyak sekaligus karena jumlah air yang terbuang juga akan lebih sedikit. Bagi kita yang suka berkebun, kita dapat menghemat air dengan tidak memotong rumput terlalu pendek karena akan membuat proses penguapan pada daun rumput menjadi lebih cepat sehingga akan cepat membutuhkan air dan kita harus lebih sering menyiraminya. Yang terakhir, bagi yang memiliki kolam renang di ruangan terbuka, kita bisa menutup kolam jika tidak sedang digunakan dengan tujuan juga untuk mengurangi penguapan.Demikianlah kebiasaan-kebiasaan sepele yang sebenarnya berpengaruh besar terhadap ketersediaan air bersih di bumi ini. Semoga kita bisa meminimalisir kelangkaan air dengan melakukan tips menghemat air.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s