System Rainwater Harvesting Menjadi Solusi untuk Kelangkaan Air Bersih

System Rainwater Harvesting adalah salah satu system y ang sedang marak diperbincangkan saat ini. System ini adalah salah satu cara yang dipercaya mampu membantu manusia dalam mengatasi masalah yang sedang marak saat ini yaitu minimnya keberadaan air bersih. Kejadian seperti ini sudah banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada banyak pula Negara-negara di belahan dunia lain yang juga mengalami hal serupa. Hal ini sangat perlu untuk segera diatasi mengingat pentingnya peranan air bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini khususnya manusia.Manusia dapat dikatakan sebagai makhluk yang kehidupannya sangat tergantung pada keberadaan air, terutama air bersih, karena hamper sebagian besar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi dengan keberadaan air.Manusia membutuhkan air untuk melakukan pemenuhan kebutuhan harian mereka.

Namun, sebagai pengguna air terbesar, manusia justru kurang bisa menggunakan air dengan bijak. Kebanyakan dari kita menggunakan air dengan boros tanpa memikirkan cara untuk memperbaharui keberadaan air itu sendiri. Pada dasarnya memang air dapat memperbaharui dengan sendirinya, namun tetap saja sebagai manusia kita harus mampu memfasilitasi hal tersebut. Bahkan tidak jarang yang terjadi adalah manusia merusak siklus air itu sendiri dengan melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab seperti membuang sampah sembarangan di sungai, menebang pohon hingga hutan menjadi gundul tanpa melakukan reboisasi, menutup hamper semua permukaan tanah dengan jalan-jalan dan gedung-gedung bertingkat tanpa membagun resapan air yang memadai. Hingga kita mengalami apa yang dinamakan dengan kelangkaan air bersih saat ini. Sadar akan hal tersebut, maka muncullah ide untuk membuat System Rainwater Harvesting.

Secara harviah saja sudah nampak maksud dari system tersebut. System tersebut ditujukan untuk menyimpan air di saat keberadaannya melimpah seperti saat musim penghujan. Penyimpanan tersebut kemudian akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada saat air sedang minim, seperti saat musim kemarau. System Rainwater Harvesting cukup mudah untuk dilakukan siapa saja. Kita hanya perlu menyiapkan semacam tadah air yang dapat kita tempatkan di bagian yang cukup tinggi, seperti atap, yang kemudian akan menampung air saat terjadi hujan. Dari tampungan tersebut, air akan diproses melalui bebrapa tahap penyaringan. Penyaringan tersebut akan dilakukan oleh pasir, kerikil, sabut kelapa dan lain-lain. Setelah air dirasa cukup bersih dan cukup layak untuk kemudian kita gunakan, air tersebut akan disalurkan ke penyimpanan yang berada di bawah tanah sehingga seolah kita menggunakan air tanah.

Daerah perkotaan akan sangat terbantu dengan adanya system ini mengingat minimnya lahan untuk menyimpan tampungan air di permukaan tanah. Yang terpenting adalah kuatnya system pelapisan dalam pembangunan system ini agar terhindar dari resiko kebocoran dan pencemaran. System ini sudah teruji efektif dalam berperan serta mengatasi kelangkaan air yang menghantuin kita saat ini.Selain menggunakan atap sebagai tampungan awalnya, system ini juga dapat diterapkan pada air yang sudah berada di atas tanah, seperti danau, green swale dan lain-lain. Kita juga dapat berpartisipasi langsung dalam mendukung system ini dengan cara menggunakan air sehemat mungkin. Kita harus cerdas dan bijak dalam menggunakan air sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, secara tidak langsung, kita juga dapat meminimalisir resiko kelangkaan air bersih dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai, menjaga kelestarian hutan, serta dengan menjalani hidup dengan pola yang lebih ramah lingkungan. Dengan begitu, kita sudah ikut berperan serta dalam mengatasi masalah kelangkaan air dan mendukung System Rainwater Harvesting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s