Efek Pemanasan Global Pada Air Bersih dan Sebab-sebabnya

Efek pemanasan global pada air bersih akan dapat kita rasakan walaupun dalam kurun waktu yang agak lama. Namun, hal ini akan sangat berbahaya dan sangat beresiko bagi ketersediaan air bersih di muka bumi ini. Air adalah bagian terbesar dari bumi ini. Bahkan bumi ini hanya terdiri dari daratan pada sepertiga bagiannya saja dan selebihnya adalah air. Yang mengherankan adalah, dalam komposisi yang sedemikian itu, saat ini kita sebagai makhluk hidup yang menghuni bumi justru sedang mengalami masa-masa di mana air  bersih sudah menjadi langka di banyak daerah di dunia ini terutama di daerah perkotaan. Tetapi bila kita melihat kebelakang atas apa yang telah kebanyakan dari kita lakukan terhadap bumi ini, maka kita tidak akan lagi heran mengapa hal ini sampai bisa terjadi.

Sejak adanya perkembangan industri, banyak hal yang berubah di dunia ini. Bahkan ekosistem alam-pun juga ikut berubah. Ketidakbijakan manusia dalam mengelola alam untuk pemenuhan kebutuhan hidup mereka menyebabkan perubahan yang sangat ekstrim terhadap kelangsungan ekosistem di bumi ini. Kebutuhan manusia yang semakin hari semakin tidak terkendali, khususnya dalam memenuhi kebutuhan industri mereka membuat mereka lalai untuk bertanggung jawab atas apa yang telah mereka ambil dari alam. Contoh kecil, misalnya, para pengusaha yang menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya, melakukan penebangan pohon secara besar-besaran tanpa melakukan reboisasi pada lahan yang telah mereka tebangi. Hal ini membuat ekosistem menjadi tidak seimbang seperti kurangnya produksi oksigen yang seharusnya diproduksi oleh pohon-pohon tersebut, terjadinya tanah longsor, hilangnya unsur-unsur hara penyubur tanah, dan lain sebagainya. Sebagai dampak jangka panjangnya yang kita temui saat ini, pemanasan global menjadi salah satu ancaman yang mengkhawatirkan bagi kelangsungan ekosistem di bumi, dalam hal ini khususnya pada efek pemanasan global pada air bersih. Dapat dikatakan demikian karena pemanasan global dan ketersediaan air bersih ternyata memiliki kaitan yang sangat erat.

Suhu dan cuaca panas yang tidak sewajarnya yang saat ini sedang terjadi adalah ciri-ciri dari pemanasan global. Di ujung kutub bumi ini, hal ini juga akan membawa dampak negatif. Dengan perubahan suhu yang sangat drastis ini, gletser dan es yang ada di kedua belah kutub bumi akan lebih cepat mencair dari waktu saat siklus normal. Dengan suhu yang sedemikian tinggi, maka volume air yang menguap akan lebih banyak dibandingkan dengan volume air yang diserap oleh bumi yang seharusnya menjadi air tanah untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup di bumi. Efek pemanasan global pada air bersih juga berakibat pada ketersediaan es yang makin hari makin menipis lebih cepat dari waktunya sehingga cadangan untuk siklus air bersihpun mau tidak mau juga harus berkurang.

Seharusnya es dan salju dari kutub tersebut nantinya akan menjadi pemasok cadangan air utuk sungai-sungai dan danau-danau. Namun jika es dan salju tersebut meleleh diluar siklusnya, yang terjadi adalah penguapan yang berlebihan yang akan membuat cadangan air tanah semakin menipis. Maka dari itu, pemanasan global yang sudah terlanjur terjadi ini harus dapat kita cegah agar tidak menjadi semakin parah dan semakin mengganggu ekosistem di bumi. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan salah satunya adalah dengan merubah pola hidup lama kita menjadi lebih ramah lingkungan dan lebih bijak dalam memanfaatkan alam sehingga kita dapat meminimalisir efek pemanasan global pada air bersih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s