Dampak Kelangkaan Air Bersih untuk Kesehatan dan Perekonomian

Dampak kelangkaan air bersih benar-benar tidak dapat diabaikan. Jika kita mengetahui betapa bahayanya dampak yang dapat ditimbulkan oleh ketidaktersediaan air bersih di muka bumi ini, baru kita akan sadar betapa pentingnya menjaga keberadaan air bersih itu agar tetap dapat selalu kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bila air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di bumi ini.

Tidak ada satupun makhluk di bumi ini baik manusia, hewan maupun tumbuhan yang dapat bertahan hidup tanpa adanya air. Manusia adalah makhluk yang paling banyak menggunakan air dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.Namun sejauh ini, manusia pulalah yang menjadi penyebab utama kelangkaan air bersih yang saat ini banyak di alami oleh Negara-negara di berbagai belahan dunia.

Dapat dikatakan demikian karena seringkali manusia berlaku kurang bijak dalam menggunakan air. Banyak dari kita yang menghamburkan air tidak sesuai dengan kebutuhan kita saja. Terlebih hal itu kita lakukan tanpa kita sertai dengan usaha membantu proses siklus alami air. Walaupun tidak kita rasakan seketika, namun sikap yang seperti itu sangat mengganggu kelangsungan ekosistem, termasuk siklus air yang menjadi tidak seimbang. Jika semua itu sudah terjadi, yang akan kita dapati kemudian hanyalah resiko langkanya air bersih dan dampak kelangkaan air bersih akan sangat merugikan bagi kita semua terutama bagi kesehatan kita.

Banyak sekali dampak yang akan kita dapati terkait dengan minimnya ketersediaan air bersih saat ini dan yang paling signifikan adalah dampak bagi kesehatan manusia.  Mengingat air adalah kebutuhan pokok yang tak tergantikan, maka ini akan menjadi masalah yang sangat serius yang memerlukan pemecahan sesegera mungking karena jika tidak segera diatasi, masalah ini akan semakin melebar dengan adanya dampak yang dihasilkan dari kelangkaan air bersih.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia, air harus memiliki kualitas tertentu dan yang pasti air itu haruslah bersih. Dari air yang bersih, maka manfaat yang akan didapat sangat banyak, namun jika air itu sudah tercemar walaupun hanya sedikit saja, akan ada masalah menyertainya. Manusia menggunakan air sebagian besar untuk dikonsumsi dan jika yang dikonsumsi itu air yang tidak terjamin kebersihannya, maka resiko untuk terjangkit berbagai macam penyakit akan selalu ada sebagai salah satu dampak kelangkaan air bersih.

Ada banyak macam penyakit yang sangat potensial menjadi dampak kelangkaan air bersih. Penyakit-penyakit tersebut memang bukan termasuk penyakit yang mematikan namun jika tidak segera diatasi juga dapat berjung pada kematian.Penyakit-penyakit tersebut antara lain adalah diar, kolera, hepatitis, polmearitis, typod, disentri trachoma, scabies, malaria, yellow fever serta cacingan. Hampir seluruh penyakit tersebut memerlukan pencegahan dari segi kualitas air bersih dan kualitas sanitasi.  Maka dari itu, penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah dengan menjaga ketersediaan air bersih di bumi ini.

Selain dalam bidang kesehatan, kelangkaan air juga dapat berdampak pada bidang ekonomi. Jika air bersih langka, maka akan sangat sulit bagi kita untuk mendapatkannya sehingga bukan tidak mungkin kita harus membeli air bersih dengan harga yang jauh melambung tinggi. Hal ini tentunya akan makin mempersulit perekonomian penduduk dunia. Setelah mengetahui dampak yang mungkin ditimbulkan jika jumlah air bersih di bumi ini semakin menipis, maka kita harus berusaha menjaga kelestarian air agar dapat meminimalisir dampak kelangkaan air bersih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s